Sukses

Food

3 Cara Jitu Menggoreng Cumi-Cumi Agar Tidak Meletus

Memasak memang susah-susah gampang Sahabat Fimela. Untuk membuat acara memasak makin mudah memang diperlukan pengetahuan yang banyak, salah satunya jika kamu ingin menggoreng cumi-cumi. Menggoreng cumi ternyata juga punya banyak trik, jika tidak begitu, menggoreng cumi bisa sangat merepotkan bahkan hasil gorengannya tidak akan terasa enak bahkan alot.

Salah satu permasalahan yang bisa muncul saat menggoreng cumi adalah minyak yang meletus. Jika tidak hati-hati, minyak yang terciprat saat menggoreng cumi akan melukai kulit dan area alin tubuh. Tidak ingin pengalaman menggoreng cumi jadi mala petaka bukan? Oleh karena itu, ketahui tips mudah mengolah cumi agar tak meletus saat digoreng dan apa penyebabnya.

1. Tiriskan setelah dicuci bersih

Cumi adalah protein laut yang kaya gizi. Cumi bisa diolah jadi berbagai masakan yang menggiurkan. Salah satu masalah yang dihadapi saat menggoreng cumi sehingga menyebabkan minyak meletus atau meletup adalah adanya air. Cumi dalam keadaan basah sebaiknya tidak langsung digoreng. Kandungan air yang banyak membuat minyak meletus. Sebaiknya tiriskan lebih dulu, lap dengan tisu dapur untuk mengurangi airnya sehingga cumi tidak meletus saat digoreng.

2. Buang kulit terluar

Cumi memiliki kulit bercorak tipis di bagian luarnya dan kulit ini sebaiknya dikuliti dan dibuang sebelum mengolah lebih lanjut. Bukan hanya menyebabkan aroma dan rasa cumi tersebut lebih amis tapi ternyata juga memberi ruang untuk minyak meletus saat digoreng. Cumi-cumi bisa meletup karena adanya celah atau ruang kosong pada kulit cumi-cumi yang mengembang saat kena minyak panas.

3. Beri lapisan tepung

Lapisi cumi dengan tepung sehingga tidak meletus saat digoreng. Tepung memberikan permukaan cumi tidak basah sehingga mengurangi risiko meletus. Bukan hanya memberikan rasa lebih gurih dan renyah pada cumi goreng, melapisi cumi dengan tepung bumbu juga efektif mengurangi minyak terserap lebih banyak ke dalam cumi sekaligus membuat cumi 'tenang' selama digoreng.

Nah Ladies, itu tadi adalah dua tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengurangi letupan saat menggoreng cumi. Dengan begini kamu tak perlu lagi mengalami mimpi buruk saat mengolah cumi.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading