Sukses

Food

Tips dan Cara Membuat Kacang Telur Manis yang Renyah dan Tidak Keras

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Menjelang bulan puasa, mungkin Sahabat Fimela ingin menyiapkan camilan sendiri di rumah sebagai pelengkap sajian berbuka. Daripada beli di luar, manfaatkan waktu di rumah untuk berkreasi membuat camilan ringan yang enak. Salah satunya membuat camilan kacang telur yang renyah. 

Kacang telur merupakan camilan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Camilan ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan aromanya yang wangi. Ditambah lagi cara membuatnya juga tidak begitu sulit. 

Nah, untuk kamu yang belum pernah membuat kacang telur, pastinya membutuhkan resep praktis yang tepat. Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan membagikan resep kacang telur manis yang renyah dan tidak keras. Yuk, intip cara membuatnya di bawah ini: 

Sebelum mulai ke resepnya, kamu sebaiknya menyimak beberapa tips membuat kacang telur agar hasilnya nanti sesuai dengan yang kamu inginkan. Tips ini akan sangat berguna bagi kamu yang memang belum pernah memasak atau membuat kacang telur. Simak tips memasaknya berikut ini: 

Tips:

  1. Gunakan kacang tanah yang dikupas dan disangrai. Selain itu, kacang perlu disangrai sampai aroma khasnya keluar. 
  2. Bumbui kacang dengan merata menggunakan bawang putih, garam, dan gula yang dihaluskan agar kacang telur menjadi lebih beraroma.
  3. Jika menggunakan tepung terigu dan tepung tapioka, disarankan dengan rasio 4:1. Dengan kombinasi kedua tepung tersebut kacang telur bisa lebih kriuk.
  4. Gunakan api kecil setelah minyak panas untuk menggoreng kacang agar matang merata hingga ke dalam.
  5. Goreng secukupnya saja, jangan terlalu banyak agar kacang matang merata.
  6. Akan lebih baik jika menggoreng kacang hingga tenggelam, maka dari itu disarankan agar kamu menggunakan banyak minyak goreng. 
  7. Jangan langsung menggoeng kacang telur yang baru diayak dari tepung. Diamkan dulu sekitar 5-10 menit agar tepung merekat dan tidak mudah rontok saat digoreng.
  8. Angin-anginkan kacang telur setelah digoreng dan kemas di dalam wadah tertutup telah benar-benar dingin. Inilah yang akan menentukan renyahnya tahan lama.
  9. Gunakan margarin atau mentega untuk hasil kulit kacang telur yang tidak keras.
  10. Jangan membiarkan toples atau wadah tempat menyimpan kacang telur terbuka terlalu lama, karena ini akan membuat kacang telur menjadi kurang gurih dan tidak renyah. 

Bahan:

  • 500 gr kacang tanah, ayak dan pilih yang bagus saja
  • 500 gr tepung terigu
  • 150 gr gula pasir
  • 150 ml air
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm margarin, lelehkan
  • 1 butir telur
  • 1 sdt vanili
  • 1 sdt kaldu bubuk

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih dan gula. Campurkan dengan air, vanili dan kaldu bubuk. Didihkan, angkat dan biarkan dingin. Campurkan bumbu bawang dengan telur dan margarin leleh.
  2. Siapkan nampan besar, ratakan tepung terigu. Masukkan setengah kacang tanah, aduk rata dengan telur, sendoki dan tuang ke tepung terigu, jika ada sisa telur, jangan ikut dituang agar kacang tidak terlalu basah.
  3. Balur setiap butir kacang dengan tepung hingga merata sambil ditekan-tekan agar tidak mudah rontok. Ayak kacang telur. Lakukan proses yang sama dengan setengah sisa kacang dengan campuran bumbu telur.
  4. Siapkan minyak panas, goreng kacang hingga matang, angkat.

Setelah dingin, masukkan ke wadah tertutup dan nikmati kapan saja. 

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading