Sukses

Food

5 Makanan Khas Banjarnegara yang Enak dan Legendaris, Patut Dicoba

Fimela.com, Jakarta Banjarnegara adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Selain memiliki pesona wisata alam yang menarik dan eksotis, sebagian wilayahnya merupakan dataran tinggi sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Wilayah dengan kondisi geografis didominasi oleh dataran tinggi membuat Kabupaten Banjarnegara sebagian besar lahannya digunakan pertanian. Tidak heran jika daerah ini terkenal dengan hasil pertanian yang sangat berkualitas seperti sayuran dan kopi. 

Selain Kopi, masih terdapat banyak oleh-oleh khas Banjarnegara yang tak kalah unik dan lezat. Kemudian, Banjarnegara juga memiliki kuliner dengan cita rasa menggoda lidah. Kulinernya sangat khas karena bumbunya sangat istimewa. Dijamin saat mencobanya, kamu akan merasa ketagihan. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 makanan khas Banjarnegara yang enak dan legendaris. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Dawet Ayu

Dawet Ayu adalah minuman paling legendaris khas Kota Banjarnegara. Mulai dari kampung hingga kota, minuman yang segar ini mudah sekali dijumpai. Di pasar-pasar tradisional selalu ada pedagang yang menjajakan dawet ayu. Bahkan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan sajian ini di daerah luar Kota Banjarnegara.

Paling nikmat dawet ayu diminum saat cuaca terik. Minuman ini memiliki ciri khas gula yang pekat dan santan yang kental. Untuk gula terbuat dari gula jawa atau gula aren. Untuk menambah aroma wangi, gula dawet ayu biasanya dicampur dengan nangka atau durian. Segarnya terasa sempurna jika disajikan dalam keadaan dingin.

Soto Krandengan

Soto Krandegan adalah salah satu kuliner khas Kota Banjarnegara. Soto ini berkuah kuning sekilas mirip dengan opor, namun setelah kamu merasakannya jauh berbeda dengan opor. Kombinasi kuah kuning dengan santan yang dicampur dan direbus dengan tulang-tulang dan daging sapi menambah gurihnya soto tersebut.

Biasanya kuliner ini disajikan dengan ketupat. Ketupat lalu diguyur dengan kuah. Jangan lupa ditambahkan tauge muda, irisan daun bawang, dan bawang goreng yang menambah sedapnya soto. Setelah itu, irisan daging yang tadi direbus bersama kuah soto.

Sate Ayam Pak Waji

Warung Sate legendaris ini sudah ada sejak 30 tahun yang lalu. Sate ayam disajikan dengan siraman bumbu kacang, kecap, serta irisan bawang merah dan tomat. Dalam sate ini terdapat empat potongan daging ayam dalam satu tusuk dengan ukuran daging yang tidak terlalu besar. Saat dagingnya digigit tuh tidak kering. Teksturnya juga empuk.

Kopi Biji Salak

Kopi Biji Salak merupakan minuman olahan dari buah salak Khas Kota Banjarnegara. Bahannya terbuat dari biji salak yang dihaluskan sehingga menjadi seperti bubuk kopi. selain Unik, cita rasa dari kopi ini sangat enak dan berbeda dengan kopi-kopi lainnya.

Harganya yang relatif murah dan mudah untuk ditemui di Banjarnegara, membuat olahan Kopi Biji Salak ini wajib untuk kamu bawa pulang kerumah.

Combro Kalipalet

Combro Kalipalet adalah makanan ringan khas Banjarnegara yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan, proses pembuatannya terbilang tidak jauh beda dengan pembuatan combro pada umumnya. Namun, Combro Kalipalet memiliki ciri khas yaitu ukurannya yang sedikit lebih besar daripada combro pada umumnya.

Harganya camilan ini juga sangat terjangkau, combro ini mudah ditemui di pasar-pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh di sekitar kawasan Banjarnegara.

Nah, bagaimana Sahabat Fimela ? Pastinya kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading