Sukses

Food

Sering Merasa Lelah dan Lesu? Coba Bantu Diet dengan 5 Makanan Ini

Fimela.com, Jakarta Apakah belakangan kamu sering merasa lelah dan lesu? Kamu tidak sendiri, sejak pekerjaan dan miting online jadi rutinitas, kelelahan jadi masalah yang umum dialami.

Masalah ini umumnya disebabkan karena terlalu banyak bekerja, kurang tidur, namun tidak diikuti dengan aktivitas fisik. Sayangnya kelelahan menjadi kondisi yang sering diabaikan padahal menyebabkan kita tidak dapat melakukan aktivitas pada tingkat tertentu.

Ini sering dikaitkan dengan penyakit dan berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Meskipun banyak cara untuk mengatasi kelelahan, salah satu hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah melakukan perubahan pola makan.

Menurut Journal of Nutrients, "Konsumsi makanan berlebihan yang menyebabkan obesitas dapat menjadi faktor penyebab gejala kelelahan. Telah dilaporkan bahwa asupan makanan yang berlebihan, khususnya konsumsi lemak tinggi, dapat mengubah parameter tidur, yang mengakibatkan kelelahan."

Makalah itu juga menambahkan jika beberapa perubahan pola makan dapat membantu mengatasi kelelahan dan membuat tubuh kita aktif. Nah, berikut 5 makanan yang bisa dicoba untuk mengatasi kelelahan kita;

 

1. Buah-buahan kering dan kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, walnut, biji chia, biji rami, dan pistachio, adalah makanan ringan yang ideal jika kita lapar di antara waktu makan. Biji bunga matahari, hazelnut, pecan, dan biji labu juga merupakan pilihan yang sangat baik. Semuanya adalah sumber makanan penambah energi yang baik. Mereka memberi tubuh yang lelah nutrisi penting, serat, dan sentakan energi.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu Anda melawan kelelahan dan stres. Selain itu, ini memungkinkan kita untuk tidur nyenyak di malam hari, yang membantu merasa segar.

3. Cokelat Hitam

Ya, kita tidak salah baca! Cokelat hitam dapat membantu mengisi energi. Menurut sebuah penelitian, indeks glikemik dalam cokelat hitam rendah, dan dapat membantu kita merasa aktif. Bahan ini juga kaya akan antioksidan tubuh, yang melepaskan oksida nitrat, senyawa yang melebarkan pembuluh darah untuk aliran darah yang lebih baik, membuat kita merasa energik.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat meningkatkan stamina. Kita dapat memasukkannya ke dalam minuman untuk mendapatkan lebih banyak manfaatnya. Ini dapat dengan mudah dipecah menjadi molekul yang lebih kecil dan dicerna. Selain itu, ini bermanfaat bagi jantung. Para peneliti juga telah mencatat kualitas peningkatan kekebalannya.

5. Pisang

Ini adalah cara yang fantastis dan terkenal untuk meningkatkan stamina. Karbohidrat pisang membantu pelepasan beberapa hormon dalam tubuh. Banyak ahli nutrisi dan kebugaran merekomendasikan untuk memasukkan pisang ke dalam diet untuk membantu merasa lebih berenergi.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading