Sukses

Food

4 Cara Membuat Bawang Goreng yang Tidak Gosong

Fimela.com, Jakarta Membeli bawang goreng memang lebih praktis, tapi jika kamu suka sekali dengan bawang goreng dan tertarik membuatnya sendiri di rumah, mungkin kamu perlu mengetahui beberapa tips dan trik menggoreng bawang goreng yang tepat agar bawang goreng tidak gosong. Ini beberapa hal yang perlu kamu mengetahui.

1. Iris dengan tebal tipis yang sama

Jangan asal mengiris, sebisa mungkin irisan bawang merah maupun bawang putih yang ingin digoreng memiliki ketebalan yang sama agar matangnya sama merata. Jika terlalu tipis juga tak baik, karena akan cepat gosong. Umumnya, iris bawang dengan ketebalan sekitar 0,2 cm.

2. Jangan goreng terlalu lama

Jangan tunggu hingga bawang menjadi sangat kecokelatan baru ditiriskan karena biasanya sisa panas minyak masih menggoreng bawang yang sudah diangkat dari minyak. Jadinya, bawang akan terasa pahit jika dimakan. Itu tandanya bawang goreng sudah gosong.

3. Gunakan minyak banyak

Jangan pelit minyak, gunakan minyak agak banyak karena jika minyak yang digunakan untuk menggoreng sedikit, bawang goreng akan cepat gosong dan matangnya tidak merata. Gunakan trik menyiram minyak panas saat bawang mulai mengering pada penyaring atau serok gorengan. Meski sudah ditiriskan tapi panas minyak masih bisa mematangkan bawang.

4. Rendam air garam

Jika ingin mengurangi kadar air di dalam bawang dan membuatnya lebih gurih, bisa juga direndam dengan air garam terlebih dahulu. Namun jangan terlalu lama merendamnya agar rasa gurih alami dari bawang tidak hilang. Jangan gunakan garam berlebihan.

Itu dia sekian cara agar bawang goreng tidak gosong jika ingin membuat sendiri di rumah.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menggoreng Kerupuk Kulit agar Mengembang Tidak Kempis
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menanam Kemangi agar Tidak Perlu Beli ke Pasar