Sukses

Food

3 Cara Mematangkan Buah Sirsak yang Mentah dan Keras

Fimela.com, Jakarta Pernah membeli atau diberi buah sirsak yang mentah dan bingung bagaimana cara mematangkannya? Karena umumnya buah sirsak dijual dalam keadaan masih keras meski sudah ranum pohon dengan tujuan agar tidak mudah busuk dan tahan lama.

Tidak seperti buah pada umumnya yang jika dibiarkan saja bisa matang dan empuk dengan sendirinya, buah sirsak dibutuhkan perlakuan khusus sehingga bisa dikonsumsi dalam keadaan empuk dengan rasanya yang asam manis segar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin mematangkan buah sirsak, simak caranya berikut ini.

1. Disiram 3 kali sehari

Cara pertama adalah cuci bersih sirsak dari kotoran dan hewan putih-putih yang menempel pada permukaan buah sirsak. Tiriskan kemudian taruh sirsak di atas meja. Guyur sirsak 3 kali sehari dengan air, yaitu saat pagi, siang dan sore hari. Letakkan lagi di meja. Lakukan selama 2-3 hari, biasanya sirsak akan menjadi empuk dan matang.

2. Diperam kain basah

Cara kedua, cuci bersih juga buah sirsak dari kotoran lalu tiriskan. Lalu siapkan kain lap dapur yang sudah dibasahi. Bungkus sirsak dengan kain basah, jika sudah kering, basahi lagi kain. Tunggu selama 2 sampai 3 hari, sirsak sudah empuk dan siap dimakan.

3. Rendam dan bungkus kain basah

Cara ketiga, rendam sirsak ke dalam air hingga tenggelam selama 30-40 menit. Bersihkan permukaannya dari kotoran, bisa dibantu dengan menggunakan sikat. Siapkan kain lap dapur basah, bungkus sirsak dan diamkan di suhu ruangan atau taruh di area yang teduh dan sejuk. Dalam sehari umumnya sirsak sudah empuk dan siap dikonsumsi. Jika belum terlalu empuk, rendam sebentar sirsak lalu bungkus kembali dengan kain basah.

Nah, cara manakah yang ingin kamu coba untuk mematangkan sirsak? Silakan mencoba dan semoga bermanfaat.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading