Sukses

Food

4 Penyebab Bolu Kukus Tidak Mekar yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Bolu kukus adalah salah satu makanan manis yang digandrungi banyak orang. Rasanya yang manis, teksturnya yang empuk dan lembut, serta tampilannya yang mekar merekah menjadi daya tarik bolu kukus. 

Tidak heran jika kue yang satu ini sering dibuat di rumah oleh para ibu-ibu sebagai sajian pemanis untuk menyambut tamu atau merayakan waktu bersama keluarga. Untungnya, membuat bolu kukus juga terbilang mudah dan tidak sesulit membuat bolu-bolu lainnya. 

Namun, seringkali bolu kukus yang dibuat tidak berhasil mekar atau mengembang. Alih-alih menginginkan bentuk yang sempurna, bolu kukus malah menjadi bantat. Lalu, apakah penyebabnya? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab bolu kukus tidak mekar yang perlu diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Kesalahan dalam Menggunakan Bahan Pengembang

Penyebab pertama yang membuat bolu kukus tidak mekar adalah akrena tidak memeriksa bahan pengembang. Hal ini karena bahan pengembang seperti soda digunakan untuk membuat bolu kukus menjadi mekar dan mengembang pastinya.

Nah, sebaiknya soda dibuka dari botol atau kaleng dibuka sebelum dicampurkan ke adonan. Sebab, jika kaleng atau botol soda sudah terlalu lama dibuka, gas karbon dioksida dari proses karbonasinya menguap dengan cepat. Sehingga nantinya saat dicampurkan pada adonan hasilnya bolu kukus tidak mengembang dan mekar.

2. Penggunaan Kukusan yang Kurang Tepat

Perlu diketahui untuk kamu yang hendak membuat bolu kukus, uap panas pada kukusan mematangkan adonan bolu kukus. Maka dari itu, kamu disarankan untuk menggunakan kukusan yang menghasilkan uap panas yang pas.

Penggunaan kukusan dengan lubang uap yang besar bisa membuat bolu kukus sulit mekar, karena uapnya tidak merata. Sebaiknya jika mengukus bolu, gunakan kukusan dengan lubang uap yang kecil dan banyak.

3. Suhu Kukusan Kurang Tepat

Penyebab bolu kukus tidak mekar berikutnya adalah karena masalah suhu kukusan yang kurang tepat. Pasalnya, untuk membuat bolu kukus mekar, suhu kukusan harus panas. 

Jika suhu kukusan sudah panas, uap di dalamnya sudah pas untuk mengukus bolu. Begitu juga sebaliknya, jika uap panas pada kukusan kurang, nanti bolu kukus sulit mekar.

Jadi, sebelum adonan bolu dikukus, kita perlu menunggu kukusan benar-benar panas dulu, ya.

4. Adonan Bolu Terlalu Penuh dan Padat

Terakhir, adonan bolu yang dikukus terlalu penuh dan padat juga membuat bolu kukus tidak mekar dan mengembang. Hal ini karena jumlah bolu yang terlalu banyak dan rapat membuat uap panas kurang. Sehingga jangan mengukus bolu terlalu banyak dan beri jarak antar bolu yang dikukus.

Sahabat Fimela, itu beberapa penyebab bolu kukus yang kamu buat tidak mekar atau mengembang. Semoga informasi kali ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin membuat bolu kukus, ya. 

What's On Fimela
Loading