Sukses

Food

8 Bahan Makanan yang Bisa Diolah Menjadi Kolak Sebagai Takjil Puasa

Fimela.com, Jakarta Kolak menjadi salah satu menu takjil puasa yang disukai oleh banyak orang. Rasanya yang manis membuat sajian kolak sangat cocok sebagai menu pembuka puasa. Tak hanya enak, kolak juga cukup mengenyangkan dan sehat karena terbuat dari bahan-bahan yang alami. 

Bicara mengenai kolak, kali ini Fimela punya 10 rekomendasi bahan makanan yang bisa diolah menjadi kolak. Apa saja bahan makanan tersebut? Simak yang berikut ini.

1. Pisang

Bahan makanan pertama yang bisa dijadikan kolak adalah pisang. Pisang yang enak untuk kolak adalah pisang kepok dan pisang raja. Perpaduan rasa manis gula merah, gurihnya santan dan legitnya pisang akan membuat siapa saja sulit menolak sajian kolak pisang.

2. Singkong

Bahan makanan kedua yang bisa diolah menjadi kolak adalah singkong. Singkong akan memberikan sensasi yang cukup menarik saat diolah menjadii kolak. Usahakan agar merebus singkong dalam waktu cukup lama saat dimasak menjadi kolak agar lebih empuk dan manis gula meresap ke dalam daging singkong.

3. Buah Nangka

Bahan makanan selanjutnya yang bisa diolah menjadi kolak adalah buah nangka. Selain manis, kolak nangka juga memiliki aroma nangka yang khas serta menggugah selera.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar juga cocok dijadikan kolak. Dimasak bersama gula putih atau pun gula merah, kolak ubi jalar selalu memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

5. Labu Kuning

Bahan makanan selanjutnya yang bisa diolah menjadi kolak adalah labu kuning. Tekstur labu yang empuk dan rasanya yang manis namun ringan di mulut, menjadikannya sangat cocok sebagai bahan utama pembuatan kolak.

6. Tape Singkong

Tape singkong juga menjadi bahan yang cocok dijadikan bahan pembuatan kolak. Tak perlu waktu lama untuk merebus tape singkong saat dimasak menjadi kolak.

7. Kolang-Kaling

Ini juga bahan makanan yang kerap dijadikan bahan utama pembuatan kolak. Tekstur kolang-kaling yang kenyal ternyata sangat cocok dimasak menjadi kolak yang manis dan gurih. Akan sangat nikmat jika kolak kolang-kaling disantap saat dingin sebagai menu takjil buka puasa.

8. Durian

Buah durian juga cocok dijadikan menu utama bahan pembuatan kolak. Durian memiliki cita rasa dan aroma khas. Saat membuat kolak durian, kamu tak perlu merebus buah durian. Kamu cukup membuat kuah kolak kemudian memasukkan durian ke dalamnya dan menyantapnya. 

Itulah beberapa bahan makanan yang bisa diolah menjadi kolak lezat. Dari beberapa bahan makanan yang ada, mana yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela? 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading