Sukses

Food

4 Cara agar Kue Kering yang Melempem Bisa Kembali Renyah

Fimela.com, Jakarta Kue kering sebaiknya disimpan di dalam stoples kedap udara agar tidak mudah melempem. Hanya saja kadang ketika stoples sering dibuka tutup, kelembapan kue kering akan terganggu dan membuatnya gampang melempem. Kue kering yang melempem pun jadi tidak enak lagi untuk dinikmati.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menyemalatkan kue kering yang melempem. Berikut ini empat cara yang bisa dicoba agar kue kering yang melempem bisa kembali renyah. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Panaskan dengan Microwave

Kalau punya microwave, kita bisa menggunakannya untuk memanaskan kue kering. Letakkan kue kering di loyang, lalu panggang sekitar 2 menit dalam setelan reheat mode. Panaskan kue kering dengan suhu paling rendah agar tidak gosong. Setelah penanda waktu berhenti, loyang jangan langsung dikeluarkan. Biarkan dulu di dalam microwave selama sekitar 2 menit baru dikeluarkan.

2. Panggang Kembali dengan Oven

Kita bisa memanggang kembali kue kering dengan oven dalam suhu 100 derajat celcius selama beberapa menit. Tapi risikonya, untuk kue kering yang memiliki isian seperti kue nastar selai nanas, isiannya akan makin keras. Kue kering yang terbilang cukup aman untuk dipanggang kembali menggunakan oven agar renyah, antara lain kue lidah kucing, kastengel, kue kacang, dan kue semprit.

 

3. Panaskan dengan Wajan Anti Lengket

Punya wajan cekung berukuran besar yang anti lengket? Kita bisa menggunakannya untuk memanaskan kue kering yang melempem. Tata kue secukupnya di wajan, panaskan sekitar 5 menit agar kadar air dalam kue menguap. Gunakan api kecil saja agar kue tidak gosong.

4. Simpan dalam Lemari Pendingin

Cara yang satu ini sebenarnya gampang-gampang susah. Ada jenis kue yang bisa kembali renyah, tapi ada juga yang tidak saat disimpan di dalam kulkas. Namun, tak ada salahnya dicoba. Jadi, kita bisa menaruh kue dalam stoples seperti biasa, lalu simpan dalam kulkas selama setidaknya satu hari. Pastikan tidak ada air yang menetes ke dalam stoples kue. Suhu kulkas bisa membantu mengembalikan kue kering jadi renyah kembali. Selain itu, ketika kembali renyah, isian atau topping kue juga teksturnya tetap terjaga.

Semoga cara dan tips di atas bermanfaat, ya. Kalau Sahabat Fimela punya cara lain yang lebih efektif, boleh juga berbagi infonya di sini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading