Sukses

Food

5 Cara Membuat Lontong yang Padat dan Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Ragam sajian dan menu Lebaran banyak yang cocok dinikmati dengan lontong. Selain itu, lontong juga bisa dinikmati dengan berbagai macam menu berkuah sedap dan gurih. Membuat lontong sendiri di rumah memang butuh kesabaran tapi kalau hasilnya padat, enak, dan pulen pastinya memberi kepuasan batin sendiri.

Untuk membuat lontong yang padat dan tidak mudah basi, ada lima tips dan cara umum yang bisa diikuti. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Gunakan Jenis Beras Pulen

Tidak disarankan menggunakan beras pera yang kasar. Lontong dengan beras pera hasilnya akan mudah hancur ketika sudah matang. Untuk itu, pilih jenis beras pulen untuk membuat lontong dan bisa menyerap air dengan baik.

2. Gunakan Daun Pisang yang Warna Hijau Cerah

Pilih daun pisang yang berwarna hijau cerah. Sebelum digunakan, daun pisang bisa dijemur lebih dulu agar lemas dan mudah digulung. Buang tulang daunnya sebelum digunakan.

 

3. Tambahkan Larutan Air Kapur Sirih

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk membuat lontong yang padat adalah menggunakan larutan air kapur sirih. Setelah dicuci bersih, ambil air kapur sirih yang jernih. Aduk rata pada beras. Perbandingannya, setiap 300 gr beras, tambahkan 3-4 sendok makan air kapur sirih. Beras akan berwarna kekuningan setelah tercampur dengan air kapur sirih. Penambahan air kapur sirih mampu membuat lontong bisa lebih tahan lama dan tidak cepat berair atau basi hingga 2-3 hari selama diangin-anginkan.

4. Masukkan Beras Hingga Setengah Gulungan Daun Pisang

Gulung daun pisang seperti pipa dan jangan mengisi penuh dengan beras. Cukup isi setengahnya saja karena beras akan mengembang dan mengisi penuh daun pisang saat direbus. Intinya, jangan terlalu penuh mengisinya, beri sela atau ruang agar beras bisa mengembang di dalam wadah ketupat atau lontong.

 

 

5. Setelah Lontong Matang, Angin-anginkan Lebih Dulu

Gunakan panci yang tinggi untuk membuat lontong dan beri jarak saat merebus sehingga tidak saling tumpang tindih dan bentuknya bisa bagus. Setelah lontong matang, tiriskan lalu angin-anginkan lebih dulu agar dingin.

Itu tadi lima hal yang perlu diperhatikan saat membuat lontong yang padat dan tidak mudah basi. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading