Sukses

Food

5 Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Biji wijen adalah bahan makanan yang selalu akan kamu temui dalam sajian onde-onde. Tidak hanya onde-onde, sajian kudapan lain juga banyak menggunakan biji wijen sebagai bahan pelengkap maupun hiasan agar permukaan makanan tampak lebih menggugah selera.

Meskipun bentuknya kecil, biji wijen ternyata punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Bahan pelengkap makanan yang satu ini berasal dari tumbuhan wijen yang termasuk ke dalam keluarga Pedaliaceae.

Biji wijen kaya akan protein, vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Tidak heran bukan, jika biji wijen memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Lalu, apa saja manfaat dari biji wijen? 

Berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 5 manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Manfaat Biji Wijen

1. Membantu menurunkan tingkat kolesterol

Manfaat biji wijen yang pertama ialah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena biji wijen mengandung lignan dan pitosterol, yang merupakan senyawa tanaman yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan fitosterolnya juga dipercaya dapat meningkatkan respons imun dan mengurangi risiko kanker tertentu. 

Para peneliti menemukan bahwa dari semua kacang-kacangan dan biji-bijian, biji wijen memiliki kandungan fitosterol total tertinggi dengan 400 hingga 413 miligram per 100 gram. Tingginya kandungan fitosterol pada wijen diketahui dapat mencegah tekanan darah tinggi.

2. Mengobati infeksi 

Biji wijen dikenal memiliki sifat antioksidan dan anti-bakterinya. Maka dari itu, tidak heran jika biji wijen dapat melawan dan mengobati infeksi yang terjadi pada tubuh. 

Perlu diketahui, kandungan antioksidan berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit dengan memperlambat kerusakan sel. Sifat anti-bakteri biji wijen terbukti ampuh melawan infeksi dan radang tenggorokan serta jamur kulit secara umum, seperti kutu air.

Manfaat Biji Wijen

3. Menjaga kesehatan mulut

Siapa sangka, biji wijen ternyta punya manfaat baik untuk kesehatan mulut kita. Biji wijen diketahui dapat menghilangkan bakteri penyebab plak pada gigi. 

Sebenarnya khasiat ini sudah diketahui sejak lama karena orang-orang dahulu menggunakan minyak wijen untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan mulut, terutama jika dilakukan secara teratur dan benar. Jika kamu juga ingin mendapatkan manfaatnya, maka kamu hanya perlu mengolesi minyak wijen  di sekitar mulut setelah bangun di pagi hari.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Biji wijen memang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, lignan tanaman yang larut dalam minyak alami pada biji wijen dapat membantu mengurangi gejala hipertensi. Selain itu, kandungan pada biji wijen juga diketahui dapat mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular sehingga kondisi kesehatan jantung tetap terjaga. 

5. Membantu proses pengobatan diabetes

Biji wijen mungkin mengandung magnesium, yakni merupakan mineral penting yang dapat membantu mengurangi kemungkinan diabetes tipe-2. Selain itu, kandugan magnesiumnya juga berperan dalam mengatur tekanan darah dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Lebih jauh lagi, minyak biji wijen dapat secara positif mempengaruhi dampak berbagai obat seperti glibenclamide pada pasien yang menderita diabetes tipe-2. Ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi obat dan mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Proses ini dapat membantu mengelola gejala diabetes sehingga proses pengobatannya bisa menjadi lebih cepat dan efektif. 

Ladies, itulah beberapa manfaat dari biji wijen untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini dapat menambah wawasanmu, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading