Sukses

Food

Tips dan Cara Memasak Biji Wijen Hingga Matang

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat onde-onde atau masak makanan yang butuh biji wijen? Jika beli di toko, biasanya biji wijen yang dijual dalam bentuk mentah dengan warna putih. Terkadang beberapa orang tak tahu kalau biji wijen yang dibeli tersebut masih mentah, sehingga langsung memakainya.

Biji wijen perlu digoreng atau disangrai dulu sebelum dimakan. Tapi bagaimana jika belum pernah mengolah biji wijen sebelumnya? Ada dua cara yang bisa kamu pilih, begini caranya.

 

1. Disangrai

  1. Saring dulu biji wijen dari sisa debu atau serpihannya. Jika sudah bersih.
  2. Siapkan penggorengan atau teflon, kemudian sangrai biji wijen tanpa minyak. 
  3. Sangrai dengan api kecil hingga sedang saja agar tidak mudah gosong. Diaduk-aduk agar matangnya merata. 
  4. Sekitar 2-3 menit, biji wijen akan berubah agak kecokelatan, mengkilap dan terkadang ada yang meletus-letus. Jika sudah begini, berarti biji wijen sudah matang.

2. Dipanggang

  1. Jika punya oven, kamu bisa memanggangnya. Pertama, nyalakan oven dan hangatkan hingga 350 Fahrenheit atau 175 Celcius.
  2. Ratakan biji wijen di sebuah loyang, lalu masukkan ke dalam oven. Panggang hingga biji wijen berubah kecokelatan. Sesekali buka oven dan goyangkan biji wijen agar panas dan matangnya merata.
  3. Biasanya proses pemanggangan bisa makan waktu 8-15 menit, tergantung seberapa banyak biji wijen yang kamu panggang. 
  4. Yang perlu diperhatikan, biji wijen mudah gosong jika oven terlalu panas, jadi jangan lupa sering dicek dan dibalik.

Itu dia caranya memasak biji wijen sebelum digunakan untuk makanan. Jadi sekarang, tahu kan bagaimana cara menggoreng biji wijen? Semoga bermanfaat ya!

#WomenforWomen

Loading