Sukses

Food

6 Penyebab Kue Bantat yang Kerap Terjadi

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang yang kerap membuat kue mungkin sudah tak asing lagi dengan masalah yang dihadapinya. Beberapa masalah saat membuat kue terkadang membuat banyak orang merasa kurang puas.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah kue yang bantat, kue yang bantat tentu dapat menandakan kegagalan atau kurangnya bahan saat memberi adonan pada kue itu sendiri.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kue menjadi bantat, berikut beberapa penyebab kue bantat yang kerap terjadi:

1. Peralatan yang Masih Basah

Salah satu penyebab yang membuat kue menjadi bantat adaah perakatan yang masih basah, jika kamu menggunakan wadah atau alat lainnya yang dicuci kurang bersih dan masih meninggalkan minyak didalamnya maka dapat mempengaruhi kue.

2. Tidak Menggunakan Bahan Pengembang Kue

Mungkin beberapa kue tidak membutuhkan bahan pengembang, akan tetapi beberapa resep terdapat rising agent atau pengembang kue yang dapat membuat kue maupun bolu mengembang sempurna. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan saat memilih adonan kue agar dapat mengembang sempurna.

3. Bahan Kadaluwarsa atau Buruk

Beberapa bahan sebelum menjadi adonan tentu perlu diperhatikan baik buruk dan masa kadaluwarsanya, jika pengembang atau bahan utama yang buruk dan kadaluwarna tentu dapat memberikan adonan tidak sempurna dan dapat bantat. Pilihlah bahan dengan benar sebelum mencampurkannya menjadi adonan dengan baik.

4. Terlalu Cepat atau Terburu-Buru

Salah satu hal yang dapat membuat kue menjadi bantat adalah mengocok telur yang terlalu cepat atau terburu-buru. Dalam mengocok telur dengan benar membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit atau menggunakan mixer dengan kecepatan sedang agar adonan telur mengambang dengan baik.

5. Menuangkan Bahan Tidak Teratur

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kue menjadi bantat adalah menuangkan adonan dengan tidak tidak teratur, jika kamu menuangkan adonan sekaligus maka akan membuat adonan tidak tercampur dengan rata dan baik. Langkah yang tepat untuk menuangkan adonan adalah secara berurutan dan dikit demi sedikit.

6. Tidak Memanaskan Oven

Beberapa orang tentu akan memasukkan adonan ke dalam oven lalu memanaskannya, padahal hal ini dapat membuat oven sulit untuk memberikan temperature saat masih dingin hingga panas dan menghasilkan kue yang bantat. Sebelum memasukkan adonan ke dalam oven alangkah baiknya untuk memanaskan oven terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa penyebab kue bantat yang kerap sekali terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading