Sukses

Food

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Hancur

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Ikan juga merupakan makanan yang memiliki segudang nutrisi penting bagi tubuh. Untuk itu, penting bagi kita untuk konsumsi ikan secara rutin demi dapatkan manfaat sehatnya. 

Mengenai ikan sendiri, ada banyak masakan yang bisa dibuat dengan bahan utama ikan. Dan yang paling sering adalah ikan goreng. Sayangnya, dalam memasak ikan goreng kita sering mendapati ikan menjadi lengket dan hancur. Ikan yang kita goreng pun rentan meletus dan mengenai kulit kita selama memasak. 

Untuk mengatasi masalah ikan lengket dan hancur saat digoreng, ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan. Berikut beberapa tips tersebut.

Tips Menggoreng Ikan

  1. Saat membeli ikan, pilih ikan yang masih segar dan baru. Ikan segar memiliki ciri mata ikan bening dan teksturnya masih segar. Ikan ini juga memiliki insang yang masih segar dengan ciri berwarna merah segar.
  2. Ikan yang hendak digoreng sebaiknya dibersihkan dengan baik di mana sisiknya dihilangkan dan isi dalam perut dibuang. 
  3. Lumuri ikan dengan bumbu sebelum digoreng. Diamkan kira-kira selama 10 menit agar bumbu meresep sebelum digoreng. 
  4. Gunakan wajan yang bersih dan minyaknya baru untuk menggoreng ikan. Wajan yang kotor dan minyak jelantah berisiko membuat ikan lengket serta hancur.
  5. Goreng ikan ke dalam minyak yang telah panas. Masukkan ikan setelah minyak dipanaskan beberapa waktu. Hindari memasukkan ikan ke dalam wajan saat minyak masih dingin. 
  6. Taburkan tepung kering ke dalam minyak untuk meminimalisir ikan lengket dan hancur saat digoreng. 
  7. Balik ikan saat bagian bawah ikan benar-benar kering dan tidak hancur saat dibalik. Balik ikan sesekali saja. 
  8. Gunakan api sedang yang stabil agar ikan matang merata dan tidak lengket 

Itulah beberapa tips mudah menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba ya. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading