Sukses

Food

Resep Rengginang Beras Ketan Putih yang Gurih dan Renyah

Fimela.com, Jakarta Rengginang adalah salah satu jenis krupuk khas Indonesia yang bebentuk bulat tebal yang berbahan dasar beras ketan putih. Rengginang biasanya disajikan sebagai salah satu suguhan di kala lebaran. Tak hanya cocok dijadikan suguhan di kala lebaran, rengginang juga cocok dijadikan cemilan untuk menemani waktu santaimu.

Bagi kamu yang ingin membuat rengginang di rumah, caranya cukup mudah. Kamu bisa simak apa saja bahan-bahan untuk membuat rengginang dan bagaimana cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-bahan

  • 250 gram beras ketan
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi bakar
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml air

 

Cara Membuat

  1. Cuci beras ketan sampai bersih dan rendam beras ketan putih semalaman.
  2. Buang air rendaman beras ketan putih. Siapkan panci untuk mengukus ketan yang sudah ditiriskan. Kukus beras ketan selama kurang lebih 15 menit sampai mekar. Jika sudah angkat lalu sisihkan.
  3. Haluskan 2 siung bawang putih, 1 sdt terasi, 1 sdt garam, dan 1 sdt gula pasir.
  4. Pada panci berbeda rebus air dan tambahkan bawang putih, terasi, garam, dan gula yang sudah dihaluskan. Rebus semua bumbu halus ini hingga larut dan air mendidih.
  5. Ketika air sudah mendidih, masukkan beras ketan ke dalam panci dan rebus sebentar sambil diaduk hingga air pada panci sedikit mengering.
  6. Kukus lagi beras ketan yang telah direbus dengan bumbu halus hingga matang dan ketan empuk. Jika sudah, angkat dan cetak ke dalam loyang.
  7. Kamu bisa mencetak rengginang dengan bentuk bulat atau sesuai seleramu. Jika sudah selesai, letakkan rengginang yang sudah dicetak dia atas nampan
  8. Jemur rengginang di bawah sinar matahari langsung hingga kering.
  9. Jika rengginang sudah kering, kamu bisa menggorengnya. Goreng rengginang hingga warnanya kuning kecokelatan dan sajikan.

 

Itulah resep cara membuat rengginang beras ketan putih, mudah bukan? Selamat mencoba ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading