Sukses

Food

Tips Menggoreng Ikan Lele Agar Tidak Bengkok dan Meletup

Fimela.com, Jakarta Ikan lele menjadi salah satu bahan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain cita rasanya yang lezat, ikan lele juga bisa diolah menjadi beragam masakan menggugah selera. Ikan lele juga menjadi sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. 

Bicara mengenai ikan lele, salah satu masalah dalam mengolah ikan lele apalagi saat menggorengnya adalah ikan lele menjadi bengkok dan minyak untuk menggoreng meletup-letup. Alhasil, ikan lele goreng yang kita buat tak menarik lagi dan kita merasa takut untuk menggorengnya lagi karena takut panasnya minyak bisa mengenai tangan atau anggota tubuh lainnya. 

Untuk menggoreng ikan lele sebenarnya bukan perkara yang sulit. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat kita ingin menggoreng ikan lele yang lurus atau tidak bengkok dan minyaknya pun tidak meletup-letup. Seperti apa tipsnya? Simak yang berikut ini.

Tips Goreng Ikan Lele

Ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan. Selama kita melakukan tips ini dengan baik dan benar, ikan lele yang kita goreng besar kemungkinan akan tetap lurus, matang sempurna dan minyaknya tidak meletup-letup. Yuk, simak tipsnya berikut ini. 

  • Pilih ikan lele yang masih segar. Bersihkan ikan lele dengan baik dan buang isi dalam perutnya. Cuci bersih hingga bagian kulit lele tak lagi selicin sebelum dibersihkan atau dicuci. 
  • Marinasi ikan lele dengan bumbu berupa garam, kunyit, ketumbar, bawang putih dan penyedap masakan. Marinasi ikan lele kira-kira sekitar 15 menit agar bumbu meresap dengan baik. 
  • Taburi ikan lele yang telah dimarinasi dengan tepung beras kering. Taburi samar-samar hingga menutup semua bagian tubuh ikan. 
  • Tusuk ikan lele dengan tusuk sate di dalamnya. Masukkan tusuk sate ke dalam mulut ikan lele hingga bagian perut atau ekor. Ini membantu ikan tetap lurus saat digoreng. 
  • Siapkan wajan yang telah diisi dengan minyak banyak, masukkan ikan lele yang telah ditaburi tepung kering ke dalam minyak. Goreng dengan api sedang. 
  • Balik ikan saat bagian bawah ikan matang. Hindari membolak-balik ikan terlalu sering karena ini rentang membuat ikan hancur dan lengket. 
  • Angkat ikan lele yang telah matang, tunggu hingga agak dingin. Lepas tusuk sate di dalam mulut tubuh ikan. 
  • Sajikan ikan lele bersama sambal dan sayur lalapan berupa mentimun, daun kemangi atau selada. 

Tips menggoreng ikan lele yang cukup mudah bukan? Selamat mencoba tips ini dan sajikan sajian terbaik untuk keluarga di rumah. Jangan takut lagi untuk menggoreng ikan hanya karena takut ikan lengket, bengkok atau minyaknya meletup-meletup ya. 

#WomenForWomen

Loading