Sukses

Food

Resep Sate Jamur Bumbu Kacang, Menu Alternatif bagi Vegetarian

Fimela.com, Jakarta Sate atau satay adalah hidangan tradisional khas Indonesia yang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Sate merupakan makanan yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk dan disajikan dengan bumbu sate yang khas disampingnya membuat sate memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Semua jenis daging hewan bisa dijadikan sate mulai dari daging ayam, kambing, sapi, hingga kerbau.

Namun kini sate tak terbatas hanya menggunakan daging hewan saja, untuk kamu yang vegetarian kamu bisa menikmati kelezatan hidangan tradisional Indonesia ini dengan mengganti daging menggunakan jamur. Sate jamur merupakan alternatif yang cocok bagi para vegetarian untuk menggantikan sate daging karena tekstur jamur yang kenyal dengan rasa yang gurih yang mirip dengan daging. Selain cocok untuk para vegetarian sate jamur ini juga cocok untuk kamu yang ingin menikmati kelezatan sate namun juga ingin berhemat.

Untuk sahabat Fimela yang ingin membuat sate jamur di rumah, kamu bisa menyimak resep dan cara membuat sate jamur bumbu kacang dari Cookpad di bawah ini.

Bahan- bahan

  1. 250 gram jamur tiram

Bumbu Kacang :

  1. 100 gram kacang tanah, sangrai
  2. 2 buah kemiri, sangrai
  3. 3 siung bawang putih, goreng
  4. 2 siung bawang merah, goreng
  5. 1/2 sdt merica bubuk
  6. 2 sdm gula merah
  7. Kecap manis (secukupnya)
  8. Gula pasir (secukupnya)
  9. Garam (secukupnya)
  10. 500 ml air
  11. Cabe rawit secukupnya

Cara membuat

  1. Cuci bersih jamur. Potong jamur menjadi bagian lebih kecil. Rebus dalam air mendidih. Tiriskan.
  2. Peras jamur agar kandungan air dalam jamur berkurang. Setelah itu tusuk jamur. Sisihkan.
  3. Sangrai kacang tanah dan kemiri, sisihkan. Setelah itu belah menjadi 2 bawang merah dan bawang putih, goreng hingga matang. Blender kacang tanah, kemiri, bawang merah, bawang putih, merica dan air hingga halus.
  4. Kemudian masak sambal kacang di atas api, tambahkan gula merah, garam, gula pasir dan kecap manis hingga mengental. Sisihkan.
  5. Ambil 5 sendok sambal kacang, tambahkan sedikit kecap manis. Aduk rata. Lumuri sate jamur dengan sambal kacang. Kemudian bakar hingga setengah matang. Lumuri lagi dengan sambal kacang. Bakar kembali hingga matang.
  6. Sate jamur siap dihidangkan dengan sisa sambal kacang sebagai pelengkap. Jika menginginkan rasa pedas bisa ditambah dengan cabe rawit rebus yang dihaluskan.

Itulah resep sate jamur bumbu kacang yang cocok untuk kamu yang vegetarian atau untuk kamu yang ingin menikmati lezatnya sate tapi juga ingin berhemat. Selamat mencoba dirumah.

 

Penulis: Diah Ayu V

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading