Sukses

Food

Mengenal Cokelat Compound yang Punya Karakter Tahan Banting untuk Hobi dan Usaha Pastry Rumahan

Fimela.com, Jakarta Cokelat menjadi salah satu komponen yang digunakan saat membuat pastry. Bukan hanya memberikan rasa, cokelat juga dapat mempercantik tampilan pastry atau cake yang dibuat.

Namun ternyata tidak semua cokelat itu sama. Ada beberapa jenis cokelat berbeda yang kegunaannya bergantung dengan cake atau pastry yang dibuat. Jika kamu mencari cokelat yang mudah dibentuk dan memiliki karakteristik tahan banting, kamu bisa menggunakan cokelat compoundg.

Cokelat compound adalah cokelat yang paling umum digunakan di berbagai kalangan, mulai dari pengguna skala rumahan seperti ibu-ibu, hobbies, UMKM, industri pastry & bakery hingga confectionery. Pasalnya, jenis cokelat ini memiliki banyak keunggulan dan sangat mudah digunakan.

Dengan cokelat compound, kita dapat melakukan banyak sekali aplikasi seperti moulding, dipping, coating, filling hingga decorating beragam produk seperti bakery, pastry, dessert dan cookies.

 

Jenis cokelat compound

Cokelat compound terdiri dari campuran bubuk kakao (cocoa powder) dan lemak nabati, serta dapat mengandung campuran pengemulsi, gula, dan bahan lainnya. Lemak nabati yang digunakan dapat berasal dari kelapa sawit, kedelai, atau shea. Sedangkan cocoa powder atau bubuk kakao terbuat dari massa kakao yang telah dikeringkan dan digiling.

Di pasaran, pada umumnya terdapat tiga jenis cokelat compound, yaitu dark chocolate compound, white chocolate compound, dan milk chocolate compound. Secara umum, penggunaan cokelat compound pada makanan bakery dan snack bersifat lebih fleksibel.

Dalam pengolahannya, cokelat compound hanya cukup ditim atau dilelehkan pada suhu 35-37°C kemudian langsung dapat digunakan. Penggunaan yang lebih mudah ini tentunya akan lebih menghemat alat dan waktu dalam proses pengolahan.

“Tidak hanya itu, penggunaan compound dalam produk bakery dan pastry juga memudahkan para pengusaha cokelat dalam proses distribusi produk, terutama di daerah tropis seperti Indonesia, karena karakter cokelat compound yang tidak mudah meleleh dan dapat bertahan di suhu 28-30°C,” papar Sri Utami, Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana yang akrab disapa Uut ini.

 

Ketangguhan cokelat compound

Cokelat compound merupakan cokelat yang paling banyak diminati dan digunakan di pasar Indonesia. Salah satunya dikarenakan suhu di Indonesia yang termasuk ke dalam iklim tropis, sehingga cokelat jenis compound lebih tahan dalam suhu ruang dan mudah diaplikasikan.

Selain itu untuk biaya produksi, cokelat compound sangat terjangkau dan dianggap paling aman karena tidak butuh penanganan khusus untuk menggunakannya. Cukup dilelehkan dengan teknik tim/au bain marrie, cokelat lalu siap diolah menjadi sajian lezat.

Salah satu produk dari Cokelat Colatta yang memiliki fungsi sekali pakai dan memiliki double packaging (inner dan outer) adalah Colatta Compound 250 gram.

“Fungsi sekali pakai (langsung habis) memberikan kepraktisan, tidak perlu di-repack dan otomatis memberikan jaminan kebersihan produk dan tidak terkontaminasi saat penyimpanan,” tambah Uut

 

Cokelat lokal

Bagi para ibu-ibu ataupun chef, varian cokelat hitam atau dark chocolate sebagai bahan pembuat makanan penutup/dessert dianggap sebagai cokelat yang multiaplikasi karena cocok dipadankan dengan hampir semua bahan makanan dengan rasa yang autentik.

"Dark chocolate rasanya intens dan tahan lama di lidah karena kandungan cokelat yang sangat terasa. Tentunya dark chocolate yang berkualitas akan menentukan rasa dari hasil akhir produk tersebut,” ungkap Uut.

Colatta Dark Compond (CDC) merupakan salah satu produk cokelat buatan Indonesia dari GMK yang mudah digunakan pada berbagai aplikasi tanpa proses tempering seperti kue, aplikasi cetak, lapis dan isian pada berbagai produk makanan, serta dapat dipanaskan berulang kali dengan hasil akhir tetap mengkilap.

 

Penghargaan

CDC yang berhasil meraih Top Brand Award di kategori cokelat compound terbaik ini merupakan salah satu varian yang diunggulkan dari seri Colatta dengan rasa cokelat yang pekat. Salah satu produk unggulan dari Colatta ini memiliki citarasa cokelat yang pahit dengan intensitas kuat. Penggunaannya juga sangat mudah, selain bisa langsung digunakan, proses pelumeran cokelat Dark Compound ini ideal di suhu 40-44˚C dan suhu cetak di 33˚C.

Cokelat yang tersedia dalam bentuk blok, chip, dan button ini sudah bersertifikat halal, tersertifikasi ISO 9001, ISO 22000, dan HACPP.

Cokelat compound merupakan jenis cokelat yang sangat serbaguna untuk produk bakery dan pastry. Dengan teknik dipping dan coating, para pebisnis salah satunya lini UMKM dapat menciptakan lapisan cokelat yang menggoda pada produk bakery dan pastry.

Untuk memberikan rasa cokelat yang lebih intens, dapat mengisi produk seperti roti dan snack dengan filling compound. CDC juga dapat membuat tampilan produk lebih menarik, dengan mengaplikasikannya ke berbagai macam teknik dekorasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading