Sukses

Food

7 Cara Alami Menghilangkan Kutu Beras di Rumah

Fimela.com, Jakarta Beras merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Tak jarang seseorang menyimpan beras dalam jumlah banyak dan waktu lama. Namun sayangnya, saat beras disimpan dalam waktu lama, beras rentan menyebabkan adanya kutu beras. Pernah juga mendapati kutu beras di stok beras di rumah Sahabat Fimela? 

Mengenai kutu beras, sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan kutu beras. Beberapacara alami bahkan dipercaya bisa mencegah adanya kutu beras. Simak beberapa caranya berikut ini dan selamat mencoba.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara pertama untuk mengatasi masalah kutu beras adalah dengan menjemur beras di bawah sinar matahari langsung. Cara ini akan membantu menghilangkan kutu beras. Kutu beras muncul saat beras lebih lembab dari biasanya. Menjemur beras dan membuatnya makin kering akan mengatasi masalah kutu beras.

Kayu Manis

Cara selanjutnya dengan memanfaatkan kayu manis. Letakkan kayu manis utuh di dalam beras yang disimpan. Cara ini bisa mengatasi masalah kutu beras dan mencegah munculnya kutu beras. Ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kutu pada bahan makanan lain berupa tepung dan gandum.

Daun Jeruk Nipis

Letakkan daun jeruk nipis di dalam beras yang disimpan. Aroma menyengat daun jeruk nipis tidak disukai oleh kutu beras. Cara ini bisa mengatasi dan mencegah munculnya kutu beras.

Jahe

Gunakan juga jahe untuk mengatasi kutu beras. Caranya sangat mudah. Ambil satu rimpang jahe kemudian masukkan ke dalam wadah penyimpanan beras. Ini bisa mencegah sekaligus mengatasi masalah kutu beras. Namun ingat, saat memasukkan jahe ke dalam wadah beras, usahakan agar jahe dalam keadaan kering. 

Cabai

Manfaatkan juga cabai sebagai pencegah munculnya kutu beras. Sifat cabai yang pedas juga tidak disukai oleh kutu beras. Sebaiknya gunakan cabai kering untuk mengatasi dan mencegah kutu beras. Cabai kering tidak akan busuk di dalam wadah penyimpanan beras. 

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih juga bersifat mengatasi kutu beras. Aroma kedua bumbu dapur ini tidak disukai oleh kutu beras. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Ambil beberapa siung bawang merah dan putih kemudian masukkan ke dalam wadah penyimpanan beras.

Daun Salam

Daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kutu beras. Masukkan beberapa lembar daun salam ke dalam wadah penyimpanan beras. Aroma daun salam yang wangi juga membuat cita rasa beras lebih sedap saat dimasak. 

Itulah sekian cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah kutu beras. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading