Sukses

Food

5 Tips Menggoreng Tahu Crispy Tetap Renyah Meski sudah Dingin

Fimela.com, Jakarta Tidak seperti ayam goreng dan tempe krispi yang cenderung lebih tahan lama renyahnya setelah digoreng, tahu krispi cenderung mudah lembek dan bahkan basah setelah digoreng sehingga kurang nikmat disantap. Padahal jika cerdik dalam membuatnya, kita bisa membuat tahu crispy yang tetap renyah meski sudah tidak lagi hangat. Tapi bagaimana cara membuat tahu crispy yang tetap renyah meski sudah dingin? Yuk simak tips berikut ini!

1. Kukus tahu

Cuci bersih dan tiriskan tahu yang ingin digoreng, kemudian kukus selama 5-10 menit untuk mengurangi kadar airnya. Jika sudah dingin, potong-potong tahu lalu goreng. Cara ini bertujuan memastikan tahu tidak terlalu basah ketika digoreng, karena tahu yang terlalu basah atau mengandung banyak air akan makan waktu lama untuk jadi krispi saat digoreng. Kalaupun sudah krispi, tahu jadi mudah lembek setelah dingin. Jadi kurangi kadar air dalam tahu dengan mengukusnya, atau tiriskan cukup lama agar permukaannya kering.

2. Lapisi tepung kering

Akan lebih baik jika melapisi tahu yang akan digoreng dengan dua jenis tepung, yaitu tepung adonan basah dan kering. Setelah dicelup ke tepung basah, balur dengan tepung kering. Tahu yang memiliki dua lapis tepung jauh lebih krispi dibanding hanya satu lapis tepung saja. Tahu juga cenderung tahan lama renyahnya jika dibalut dua kali pelapisan. Jika ingin tahu tetap crispy setelah digoreng tapi hanya menggunakan satu lapisan tepung, pastikan menggorengnya dua kali.

3. Tambahkan tepung maizena

Dalam adonan tepung basah untuk melapisi tahu, tambahkan tepung maizena. Jangan hanya menggunakan tepung terigu karena sifat tepung terigu rentan menyerap kelembapan di sekitarnya. Tepung jagung atau maizena memberikan tekstur renyah dan garing lebih lama pada tahu crispy. Tidak perlu banyak, cukup 5 banding 1. Lima porsi tepung terigu dan satu porsi maizena. Bisa juga ditambahkan maizena sedikit pada tepung kering.

4. Tambahkan tepung beras

Selain tepung maizena, tekstur kering dan renyah juga bisa diciptakan oleh tepung beras. Jika menambahkan tepung beras pada adonan basah, terkadang tidak perlu dibalut lagi dengan tepung kering karena sudah renyah meski dingin. Penambahan tepung beras juga tidak perlu terlalu banyak karena jika kebanyakan justru membuat tekstur tahu crispy terlalu keras atau alot. Maizena dan tepung beras bisa saling menggantikan sebagai campuran adonan tahu crispy. Pastikan saja menggunakan tepung yang baru karena jika menggunakan tepung lama, dikhawatirkan akan menimbulkan bau atau rasa apek.

5. Goreng dua kali

Cara terbaik untuk menciptakan tekstur crispy pada tahu adalah menggorengnya dua kali. Setelah penggorengan pertama, diamkan dulu tahu sekitar 5 menit atau hingga menjadi lembek. Goreng lagi tahu hingga kering dan krispi, setelah itu tahu crispy akan lebih tahan lama renyahnya meskipun sudah dingin. Hal ini berlaku untuk tahu dengan pelapisan tepung sekali maupun dua kali.

Itu dia sekia tips menggoreng tahu crispy tetap renyah meski sudah dingin, semoga bermanfaat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading