Sukses

Food

5 Tips Bikin Salad Buah yang Enak dan Segar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Jika orang berpikir membuat salad buah itu gam,pang, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika mencampurkan semua bahan-bahan sesuai selera tentu rasanya tidak akan enak. Ada beberapa tips membuat salad buah yang enak dan segar tahan lama, apalagi jika kamu berencana membuat salad buah untuk jualan. Ini tips bikin salad buah yang enak dan segar tahan lama.

1. Pilih buah yang keras

Jangan pilih buah yang mudah hancur dan lembek seperti pisang, mangga, pepaya, alpukat, markisa, sirsat, kiwi dan semacamnya. Tidak semua buah cocok dijadikan salad buah, apalagi jika ingin disimpan dalam waktu lama. Pilih buah yang teksturnya keras dan padat seperti apel, pir, nanas, melon, anggur, dan lainnya sehingga tidak hancur dan lembek saat dibuat salad buah, kecuali jika dibuat untuk segera dimakan.

2. Potong sebesar gigitan

Pastikan memotong buah tidak terlalu besar karena sulit dimakan, atau pun terlalu kecil karena rentan jadi lembek saat disantap. Potong seukuran dadu atau bite size sehingga pas saat dimakan. Pastikan juga langsung merendam potongan buah yang cepat mengalami oksidasi atau berubah warna kecoklatan ke dalam air, seperti apel, agar tampilannya tetap cantik saat dicampur saus salad.

3. Racik saus yang enak

Terkadang orang punya resep berbeda-beda tentang saus salad seperti apa yang paling enak. Kamu pasti juga punya selera tersendiri. Tapi jika tujuanmu membuat salad yang sehat, pastikan mengurangi porsi mayonaise dan kental manis. Gunakan lebih banyak yogurt, mau yang plain atau pun rasa-rasa. Tapi jika tujuanmu membuat salad buah untuk variasi makan buah-buahan saja agar tidak bosan, boleh kombinasikan banyak kental manis, sirup, yogurt, mayonaise dan keju.

4. Beri tanggal penyimpanan

Karena merupakan makanan segar, disimpan berapa lama pun akan tetap punya risiko busuk dengan cepat. Jadi jika ingin menyimpan salad buah untuk beberapa hari ke depan, pastikan mencatat tanggal pembuatan dan beri jangka waktu maksimal 3 hari sebagai waktu terbaik untuk dikonsumsi. Dikhawatirkan buah-buahan busuk dan justru kehilangan nutrisinya.

5. Tambahkan buah empuk di akhir

Jika ingin menambahkan buah-buahan empuk seperti pisang dan alpukat, tambahkan di akhir saja saat akan dimakan demi menghindari salad buah terasa blenek atau terlalu lembek. Pastikan saja gizinya tercukupi sehingga kamu tetap bisa mendapatkan nutrisi dari buah sekaligus tetap makan enak dengan salad buatanmu.

Itu dia beberapa tips membuat salad buah yang enak dan segar. Semoga bermanfaat. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading