Sukses

Food

6 Jenis Makanan yang Bisa Membuatmu Tampil Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Awet muda sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sepertinya tidak terlihat menua atau yang mempertahankan penampilan muda mereka. Meskipun belum ada cara pasti untuk membuat kulit menjadi awet muda selamanya, namun ada pola hidup dan kebiasaan yang dapat membantu mempertahankan penampilan yang sehat, seiring bertambahnya usia. 

Ini termasuk, olahraga teratur, diet seimbang, dan bergizi, asupan cairan yang cukup, tidur yang cukup, mengelola stres, dan menghindari kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan. Selain itu, merawat kulit dengan sunscreen, pelembap, dan produk perawatan kulit lainnya juga dapat membantu kamu tampil awet muda.  

Semua jenis makanan tidak ada yang buruk jika dikonsumsi secukupnya. Salah satunya makanan yang terlalu banyak gula dan karbohidrat. Pada dasarnya tubuh kita tetap membutuhkan nutrisi tersebut, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit. Lalu, harus makan apa jika ingin awet muda?. Fimela sudah menyiapkan beberapa rekomendasi makanan yang membuat wajahmu tampil lebih awet muda.

Makanan ini bisa membantu mencegah penuaan

Teh hijau 

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar UV, dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Polifenol pada teh hijau juga mampu mengurangi peradangan kulit yang membantu mengurangi jerawat dan minyak berlebih. Bisa mengonsumsinya secara teratur atau menggunakan produk perawatan wajah yang ada kandungan teh hijau di dalamnya.

Flax seeds 

Flax seeds memiliki kandungan Omega-3 yang sudah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu mengurangi risiko penyakit berbahaya yang berkaitan dengan penuaan, seperti sakit jantung dan diabetes. Memasukkan flax seeds ke dalam pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu meningkatkan efek anti penuaan dan kesehatan secara keseluruhan. 

Lignan yang ditemukan dalam flax seeds juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti radiasi UV.

Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan Omega-3. Kandungan tersebut mampu membantu menjaga kesehatan kulit dan melawan tanda-tanda penuaaan, seperti kerutan dan garis halus pada wajah. Selain itu, kandungan protein pada ikan juga penting untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga meningkatkan produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tetap kencang. Beberapa pilihan ikan, yakni ikan salmon dan ikan tuna.

Buah-buahan

Sudah tidak diragukan lagi jika buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh dan untuk mempertahankan kesehatan kulit. Semua jenis buah memiliki kandungan yang baik, khususnya untuk buah blueberry, strawberry, dan jeruk banyak mengandung vitamin c tinggi yang mampu memperkuat zat kolagen pada kulit. Begitu juga buah semangka, grapefruit, dan jambu biji yang memiliki lycopene.

Sayur-sayuran 

Sayuran kaya akan nutrisi dan vitamin penting dalam menjaga tubuh dan menjaga kulit agar tetap awet muda. Selain itu, kandungan serat dan antioksidan pada sayuran mampu untuk membersihkan racun dari tubuh dan melawan radikal bebas yang berdampak pada sel-sel kulit. Beberapa macam sayuran seperti bayam, brokoli, tomat, dan wortel mengandung banyak vitamin dan lycopene untuk mencegah kerutan pada kulit.

Dark chocolate

Dikutip dari Healthline, Polifenol tidak hanya ada pada teh hijau, dark chocolate juga memiliki sumber polifenol yang kaya, yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain polifenol, dark chocolate mengandung flavanolid, sejenis antioksidan yang juga mampu meningkatkan aliran darah dan menjaga kulit tetap lembab.

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading