Sukses

Food

Ritual Awet Muda dengan Makan 8 Jenis Buah yang Menjaga Kesehatan Kulit Kita

Fimela.com, Jakarta Banyak orang berusaha untuk mempertahankan penampilan dan kesehatannya agar tetap awet muda. Selain melakukan olahraga dan perawatan kulit secara rutin, memilih makanan yang sehat dan tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan awet muda.

Salah satu jenis makanan yang dapat membantu menjaga penampilan dan kesehatan adalah buah-buahan. Beberapa jenis buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang dapat membuat kulit tetap sehat dan awet muda.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu membuat awet muda.

1. Alpukat

Dilansir dari National Institutes of Health, mengonsumsi alpukat secara teratur dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan alpukat menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin E yang membantu menjaga kulit agar tetap lembap dan kenyal. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker. 

2. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin C pada jeruk efektif meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu menjaga kekuatan dan kekenyalan pada kulit.

Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi. Dilansir dari Nutrients, mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah.

Manfaat Buah berry untuk kesehatan Kulit

3. Buah Berry

Mengonsumsi buah berry secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Hal ini dikarenakan buah berry seperti blueberry, raspberry, dan blackberry kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan buah berry tersebut juga dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit.

4. Kiwi

Dilansir dari Skin Pharmacology and Physiology, mengonsumsi buah kiwi secara teratur dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi keriput pada wajah. Hal ini dikarenakan buah kiwi mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin E dan serat yang baik untuk kesehatan kulit. 

5. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan potassium yang baik untuk menjaga kesehatan rambut  dan membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, mengonsumsi pisang secara rutin juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan membantu mengurangi kerutan pada wajah.

Konsumsi buah tomat efektif mengurangi kerutan pada wajah

6. Tomat

Tomat mengandung likopen atau biasa disebut pigmen yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen ini merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi tomat secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu mengurangi kerutan pada wajah.

7. Apel

Apel adalah jenis buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan. Serat pada apel membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Sementara vitamin C dan antioksidan pada apel membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi serta meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan pada wajah.

8. Delima

Mengonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan membantu mengurangi kerutan pada wajah. Hal ini dikarenakan buah delima mengandung antioksidan dan asam ellagic yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Demikian buah-buahan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading