Sukses

Food

7 Makanan Sehat yang Ternyata Bikin Perut Menjadi Buncit

Fimela.com, Jakarta Dalam menjaga pola makan sehat, kamu pasti ingin memilih makanan yang terbaik untuk tubuh dan kesehatan. Namun, terkadang makanan yang sehat justru dapat membuat perut menjadi buncit, lho.

Hal ini mungkin terdengar mengherankan, tetapi beberapa makanan sehat sebenarnya dapat menyebabkan perut  menjadi kembung. Lantas, apa saja makanan sehat tersebut? Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa membuat perut buncit.

1. Kacang-Kacangan

Dilansir dari Healthline, kacang-kacangan mengandung serat dan protein yang tinggi serta baik untuk kesehatan. Namun, serat yang terkandung dalam kacang-kacangan, ternyata dapat membuat perut buncit dan kembung. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan juga mengandung oligosakarida atau gula kompleks yang sulit dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengonsumsi kacang-kacangan, pastikan kamu mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat.

2. Sayuran Mentah

Sayuran seperti brokoli, kol, kubis, dan kembang kol memang mengandung serat yang tinggi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, sayuran ini apabila dikonsumsi secara mentah-mentah juga dapat menyebabkan perut buncit  dan kembung karena sulit dicerna oleh tubuh. 

Pentingnya mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah secukupnya

3. Buah-Buahan

Buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan, tetapi beberapa jenis buah dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Dilansir dari The Guardian, buah-buahan yang tinggi akan gula, seperti mangga, apel, dan pisang dapat menyebabkan peningkatan produksi gas dalam usus sehingga membuat perut menjadi kembung. Apabila kamu ingin mengonsumsi buah-buahan tersebut, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya.

4. Gandum Utuh

Gandum utuh merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Akan tetapi, serat dalam gandum utuh ternyata dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan buncit. Hal ini dikarenakan serat dalam gandum utuh akan mengumpulkan air di dalam usus besar. Apabila kamu ingin mengonsumsi gandum utuh, pastikan kamu minum banyak air dan mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya.

5. Yogurt

Yogurt adalah sumber probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, yogurt juga dapat membuat perut  menjadi kembung dan buncit. Hal ini disebabkan karena yogurt mengandung laktosa dan gula alami yang dapat meningkatkan produksi gas dalam sistem pencernaan sehingga akan membuat perut menjadi kembung.

Perhatikan label nutrisi pada produk sereal sebelum membelinya

6. Sereal

Dilansir dari Forbes, sereal sering dianggap sebagai makanan sehat, tetapi makanan sereal ternyata mengandung gula tambahan yang dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Oleh karena itu, sebelum membeli produk sereal untuk dikonsumsi rutin, sebaiknya perhatikan label nutrisi terlebih dahulu dan pilih sereal yang memiliki sedikit gula tambahan.

7. Jus buah

Jus buah yang segar dan alami mengandung vitamin dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, beberapa jenis jus buah yang dijual di pasaran ternyata mengandung gula tambahan yang cukup tinggi.

Hal tersebut dapat membuat perut menjadi buncit jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi jus buah, disarankan untuk memilih jus buah segar dengan tidak menambahkan gula serta konsumsi jus dalam jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan.

Demikian makanan sehat yang dapat membuat perut menjadi kembung dan buncit. Apabila kamu ingin mengonsumsi makanan sehat, sebaiknya perhatikan jumlah kalori, gula tambahan, dan porsi yang tepat. Selain itu, perlu diingat bahwa tidak ada makanan yang buruk, asalkan dikonsumsi dengan porsi yang tepat dan seimbang.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading