Sukses

Food

Tips Memasak Rendang Daging agar Cepat Empuk dan Enak, Jadi Menu Favorit Lebaran Nanti

Fimela.com, Jakarta Rendang jadi salah satu menu favorit yang banyak tersaji di meja makan saat Lebaran tiba. Kelezatan masakan khas Minang yang satu ini memang selalu sukses menggoyang lidah para pencintanya. Nggak heran kalau resep rendang daging jadi salah satu pencarian terbanyak seiring dengan Hari Raya Idulfitri yang semakin dekat.

Namun, memasak rendang butuh dibekali dengan banyak trik untuk membuatnya bisa tersaji dengan maksimal. Rasanya sayang banget kalau bumbu rendang yang sudah dibuat nggak diimbangi dengan tekstur daging empuk.

Biar nggak gagal saat memasak resep rendang daging untuk Lebaran nanti, intip dulu beberapa tips berikut supaya hasilnya cepat empuk dan enak.

Pilih Bagian Daging yang Tepat

Beberapa orang mungkin akan memilih bagian daging sapi yang empuk demi menghasilkan tekstur daging rendang seperti di rumah makan Padang pada umumnya. Namun, kalau mengikuti resep aslinya, rendang sebenarnya dibuat dari daging bagian paha seperti sengkel.

Bagian daging yang satu ini memang lebih padat, namun tujuannya adalah agar daging tidak mudah hancur karena proses memasak yang lama. Yup, bukan rahasia lagi kalau resep rendang daging khas Minang butuh waktu lebih lama dalam pengolahan supaya bumbunya bisa meresap sempurna.

Teknik Memotong Daging yang Tepat

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah teknik memotong daging yang tepat. Pastikan daging yang akan digunakan nggak terlalu kecil atau besar. Kelihatannya mungkin sepele, tapi bisa berpengaruh pada teksturnya saat dimasak nanti.

Selain itu, perhatikan arah memotong daging yang tepat. Khusus masakan yang memiliki waktu pengolahan lama seperti rendang, pastikan potong daging searah serat untuk membuatnya lebih cepat empuk.

Tips Mengempukkan Daging

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Yang pertama adalah setelah selesai mencuci daging, pukul-pukul terlebih dulu dengan bantuan meat hammer atau cobek. Namun, pastikan pukul secara perlahan supaya tidak hancur. Tujuannya supaya bumbu-bumbu mudah meresap dan daging pun bisa lebih empuk.

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba teknik marinasi daging dengan nanas. Caranya adalah dengan mengupas dan haluskan nanas, rendam daging di dalam parutan tersebut selama 30 menit. Enzim protease yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurai protein daging sapi.

Masukkan Daging Setelah Bumbu Dimasak

Salah satu cara membuat rendang yang enak adalah memahami kapan harus memasukkan daging. Nah, kamu bisa melakukannya setelah bumbu rendang selesai dimasak. Bumbu rendang disarankan dimasak dari bahan-bahan segar dan haluskan dengan cara digiling, bukan diblender. Setelah halus, tuang santan dan rebus bersama bumbu halus.

Masak bumbu sekitar 3 jam sampai mengental dan mengeluarkan minyak. Jika sudah, barulah kamu bisa memasukkan potongan daging yang sudah disiapkan dan masak hingga rendang benar-benar matang.

Masak dengan Api Kecil

Ini dia salah satu rules penting saat memasak rendang. Pastikan kamu memasak dengan api kecil supaya hasilnya empuk dan enak. Api yang terlalu besar bisa membuat rendang yang dimasak jadi cepat kering dan gosong. Hal ini mempengaruhi teksturnya yang jadi terasa alot.

Memasak dengan api kecil sangat penting supaya rendang bisa dimasak dalam waktu lama. Hasilnya nggak hanya membuat daging jadi empuk saja, tapi juga membuat bumbunya meresap dengan baik.

Itu tadi beberapa tips yang bisa diperhatikan saat masak rendang daging agar cepat empuk dan enak. Kalau sukses memasak menu satu ini, dijamin jadi menu favorit lebaran keluarga lho!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading