Sukses

Food

5 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Fimela.com, Jakarta Alpukat adalah buah yang banyak dikonsumsi karena mudah diolah, mudah ditemukan, dan rasanya yang lezat. Namun ternyata buah populer ar ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Omega 3 pada alpukat cocok untuk pemasok lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Melansir dari Eat This Not That ahli gizi pun mengatakan alpukat adalah menu andalan untuk program diet sehat.

Mengonsumsi alpukat secara rutin memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu kemudahan untuk diolah dan ditambahkan sebagai kreasi resep, alpukat cocok untuk jadi menu makan andalan. Apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin, Mineral, dan Antioksidan

Konsumsi alpukat sangat ideal untuk meningkatkan asupan vitamin. Alpukat adalah buah yang dikemas dengan berbagai nutrisi. Buah hijau yang lembut ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan sumber nabati. Dibanding mengonsumsi suplemen dalam jumlah banyak, alpukat adalah cara instan menunjang kebutuhan vitamin untuk tubuh.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Penyakit kronis timbul akibat sindrom metabolik yang menyebabkan komplikasi. Penyakit ini antara lain jantung, stroke, dan diabetes. Studi menemukan mengonsumsi alpukat berpengaruh pada penurunan risiko berbagai penyakit kronis. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada alpukat yang dibutuhkan oleh berbagai organ penting dalam tubuh. Orang yang rutin mengonsumsi alpukat berisiko 50% lebih rendah mengalami penyakit jantung, stroke, dan diabetes daripada yang tidak mengonsumsi alpukat sama sekali.

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Alpukat adalah sumber vitamin K yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Faktanya, mengonsumsi satu buah alpukat utuh memberi tubuh 42 mikrogram vitamin K yang memperkuat tulang dan menurunkan risiko patah tulang.

4. Menurunkan Risiko Obesitas

Rendah kalori namun kaya akan nutrisi menjadikan alpukat buah yang baik dikonsumsi saat melakukan program diet. Bahkan fakta lainnya menyebutkan alpukat dapat menurunkan risiko obesitas. Alpukat memberi rasa kenyang lebih lama dan dapat menjaga berat badan tetap stabil.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Menjaga penglihatan tetap prima? Alpukat jawabannya. Studi menemukan orang yang mengonsumsi satu buah alpukat per hari mengalami peningkatan dalam kognisi dan penglihatan. Kandungan antioksidan lutein pada alpukat mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

Banyaknya manfaat yang dimiliki alpukat membuat buah ini wajib menjadi menu makan andalan. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading