Sukses

Food

Tips Merebus Kacang Hijau Agar Empuk Tapi Tidak Pecah

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Kacang hijau menjadi salah satu makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Selain bisa dibuat menjadi sayur tauge, kacang hijau kerap diolah menjadi berbagai masakan lezat dan sehat. Salah satunya yakni bubur kacang hijau. 

Bubur kacang hijau adalah menu masakan yang sebenarnya bisa dibuat dengan mudah di rumah. Mau bubur kacang hijau dengan kacang yang merekah dan lumer di mulut? atau kacang yang empuk tapi utuh dan tidak pecah? Hal itu bisa kita dapatkan asal kita memasak atau merebus kacang hijau dengan cara yang tepat. 

Berikut tips merebus kacang hijau yang empuk tapi tidak pecah.

Rendam Kacang Hijau

Sebelum dimasak atau direbus, kacang hijau harus direndam lebih dulu. Rendam kacang hijau selama kurang lebih semalaman. Ini akan menghasilkan kacang hijau yang empuk tapi tidak pecah. Ini juga memungkinkanmu merebus kacang hijau dalam waktu yang sangat singkat.  

Masukkan Kacang Hijau ke Panci Sesudah Air Mendidih

Rebus atau masukkan kacang hijau ke dalam panci ketika air sudah mendidih. Kacang yang dimasak di air suhu tinggi, akan lebih mudah matang dan empuk. Ini membantunya matang dan empuk sempurna tanpa membuat kulitnya pecah.

Tambahkan Sedikit Garam

Menambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan kacang hijau, akan membantu kacang hijau makin empuk. Ini juga memungkinkannya memiliki cita rasa yang lebih gurih nantinya. Warna kacang hijau yang direbus pun akan semakin cantik dan tetap hijau segar. 

Masak Dengan Api Kecil yang Lama

Setelah kacang hijau masuk ke dalam panci, segera kecilkan api. Memasak dengan api kecil namun panas, membuat kacang hijau matang merata. Tutup panci saat merebus kacang hijau agar air tidak asat atau kering. 

Tambahkan Gula dan Santan

Ketika kacang hijau sudah empuk dan matang, segera tambahkan gula dan santan ke dalamnya. Hal ini akan membuat sajian bubur kacang hijau makin mantap menggugah selera. Jangan lupa mengoreksi rasa bubur kacang hijau sebelum mengangkat dan menyajikannya. 

Tips merebus kacang hijau yang sangat mudah bukan? Sekarang, tak perlu takut gagal untuk membuat bubur kacang hijau enak dan tetap utuh seperti abang-abang tukang bubur di tepi jalan. Semoga bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading