Sukses

Food

Tips Mengonsumsi Daging Sapi dan Daging Kambing dengan Baik Tanpa Meningkatkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Daging sapi dan daging kambing merupakan sumber protein yang kaya nutrisi dan sering menjadi bagian dari makanan yang lezat. Namun, banyak orang yang khawatir bahwa mengonsumsi daging ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Padahal mengonsumsi daging sapi dan daging kambing bukan menjadi pantangan besar yang sepenuhnya harus dihindari. Berikut ini adalah beberapa tips mengonsumsi daging sapi dan daging kambing dengan bijak tanpa meningkatkan kolesterol

1. Pilih potongan daging yang rendah lemak

Dilansir dari Mayo Clinic, ketika membeli daging sapi atau kambing, sebaiknya pilihlah potongan daging yang tanpa lemak atau dengan sedikit lemak. Hal ini dikarenakan lemak pada daging mengandung tinggi lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

2. Hindari pengolahan yang berlebihan

Mengolah daging dengan cara yang berlebihan, seperti menggoreng dalam minyak banyak atau menambahkan bumbu berlemak tinggi, dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam hidangan. Sebagai alternatif lainnya, sebaiknya pilihlah metode memasak seperti panggang, rebus, atau kukus untuk menjaga nutrisi daging tetap terjaga.

3. Padukan dengan sayuran dan serat tinggi

Dilansir dari American Heart Association (AHA), untuk menyeimbangkan asupan nutrisi kamu, disarankan untuk mengonsumsi daging sapi atau kambing bersama dengan sayuran segar dan sumber serat tinggi. Sayuran dan serat tinggi dapat membantu mengurangi penyerapan lemak jenuh dalam tubuh dan menjaga keseimbangan nutrisi. Sayuran yang dianjurkan untuk mengonsumsi bersamaan dengan daging sapi atau kambing yakni brokoli, bayam, wortel, dan kubis.

4. Perhatikan porsi dan frekuensi konsumsi

Meskipun kamu dapat mengonsumsi daging sapi atau kambing dengan memilih potongan tanpa lemak dan diimbangi dengan sayuran, usahakan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Tetaplah mengontrol porsi dan frekuensi konsumsimu dan seimbangkan dengan makanan lain yang sehat seperti sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.

5. Konsumsi air putih setelah makan daging

Air minum memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan membantu mengontrol kadar kolesterol setelah mengonsumsi daging sapi atau kambing. Hal ini dikarenaka air dapat membantu melancarkan pencernaan dan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang mengandung lemak.

Selain itu, air minum juga berperan penting dalam menjaga fungsi organ tubuh, termasuk organ hati yang berperan dalam produksi dan pengaturan kolesterol. Dengan menjaga fungsi hati yang baik melalui konsumsi air yang cukup, kita dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Demikian beberapa tips mengonsumsi daging sapi dan daging kambing dengan bijak tanpa meningkatkan kolesterol. Apabila kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan saran yang tepat.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading