Sukses

Food

4 Cara Mengupas Telur Rebus agar Hasilnya Mulus

Fimela.com, Jakarta Telur rebus menjadi salah satu makanan kesukaan sebagian besar orang. Telur rebus juga sebagai salah satu bahan makanan yang bisa diolah lagi menjadi beragam sajian mengugah selera baik untuk dikonsumsi sehari-hari, atau untuk acara hajatan besar yang melibatkan banyak orang.

Sayangnya, mengupas telur bukan perkara mudah. Ada kalanya telur rebus sangat lengket saat dikupas. Tak jarang, telur rebus yang dihasilkan pun hancur dan tak karu-karuan. Untuk mengupas telur rebus agar hasilnya mulus, ada beberapa cara yang tak boleh kamu sepelekan. Bagaimana caranya?

Pemilihan Telur

Telur yang seperti apa yang tak akan lengket saat dikupas setelah direbus? Dari hasil pengalaman, telur yang telah lama didiamkan kira-kira 3 sampai 4 hari setelah dipanen dari kandang, ini lebih mungkin semakin mudah buat dikupas setelah direbus. Sementara telur yang masih baru dari kandang, ini membuat telur sangat lengket dan rentan hancur. 

Rebus dengan Cara Tepat

Merebus telur juga ada tekniknya. Jika ingin telur rebus yang dihasilkan tidak retak dan mulus setelah dikupas, gunakan air banyak dalam merebus telur. Air banyak di sini adalah, air merendam seluruh bagian telur yang dikupas. 

Tambahkan juga sedikit minyak goreng ke dalam air rebusan telur. Rebus telur hingga benar-benar matang kira-kira selama 30 menit. Masukkan telur ke dalam panci saat air masih dingin. Rebus dengan api kecil secara perlahan untuk hasilkan telur rebus yang mengesankan. 

Rendam Air Dingin

Setelah telur matang, rendam lagi telur ke dalam air dingin. Ini bertujuan agar telur rebus lebih mudah dikupas dan tetap mulus. Kamu bisa merendam telur ke dalam air dingin kira-kira selama 30 menit.

Retakkan Kulit Telur Sebelum Dikupas, Manfaatkan Sendok

Sebelum telur rebus dikupas, retakkan dulu kulit telur. Kamu bisa meretakkan semua bagian kulit untuk dapatkan telur mulus yang sempurna. Manfaatkan pula sendok dalam mengupas telur. Pecahkan telur yang telah direbus. Buat sedikit jalan agar sendok bisa masuk. Kupas telur menggunakan sendok secara perlahan.

Itulah sekian cara mudah mengupas telur agar hasilnya lebih mulus. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jika Sahabat Fimela punya cara lainnya, jangan ragu untuk share ke kita ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading