Sukses

Food

Pemenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh akan Protein Hewani dengan Pilihan Susu Segar Pasterurisasi

Fimela.com, Jakarta Saat memilih produk susu, apa yang menjadi pertimbanganmu? Greenfields baru saja memperkenalkan kampanye terbaru mereka #StartFresh untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi protein hewani masyarakat Indonesia lewat susu sapi segar berkualitas dan bernutrisi.

Kampanye #StartFresh ini mengajak keluarga Indonesia lebih bijak memilih susu dan perlahan beralih ke fresh milk pasteurisasi yang berkualitas dan nutrisinya lebih terjaga. Pada dasarnya, susu sapi merupakan sumber protein hewani dengan nutrisi lengkap yang bisa membantu menurunkan risiko berbagai penyakit.

Bahkan peran susu makin penting di masa pertumbuhan anak karena kandungan asam amino esensialnya berpengaruh pada peningkatan kecerdasan mereka. Inilah kemudian pentingnya edukasi tentang pemaksimalan nutrisi susu di tengah variasi kategori dan jenis susu yang ada.

Fresh milk pasteurisasi memiliki nutrisi alami yang lebih berkualitas karena hanya lewat proses pasteurisasi atau pemanasan suhu rendah dan singkat bisa membunuh mikroba merugikan, tanpa mengubah atau merusak nutrisi alami susu. Kampanye #StartFresh diperkenalkan di edisi perdana 'Ngobrolin Pilihan Susu (Ngopi Susu)," diskusi interaktif bersama para pakar yang digelar Greenfields Indonesia.

 

 

Greenfields #StartFresh

Menurut Chief Marketing Office Greenfields Indonesia Fiona Anjani Foebe, kampanye ini juga dihadirkan karena kontribusi susu cair di Indonesia masih kecil, yaitu 33%. Namun, Fiona juga menjelaskan bahwa tren konsumsi susu cair bertumbuh hingga 22,7% dalam setahun seiring menguatnya kesadaran untuk hidup lebih sehat.

Program edukasi ini menjadi semakin penting karena pemahaman menjadi lebih baik tentang pilihan susu cair dapat membantu masyarakat untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi sehari-hari. Berdasarkan teknik pengolahannya, susu cair dibagi menjadi 3, yang walaupun tampak serupa, tapi memiliki perbedaan signifikan satu sama lain.

1. Susu segar (fresh milk) pasteurisasi adalah susu yang hanya melewati pemanasan pada suhu rendah (70-125 derajat Celcius) dengan singkat (5 detik), sehingga tidak banyak mengubah sifat fisik dan susu lebih mudah diserap tubuh. Harus diingat bahwa susu hanya bisa disimpan kurang dari 40 hari di suhu dingin.

2. Susu ultra high temperature (UHT) adalah susu yang dipanaskan pada suhu cukup tinggi (131-145 derajat Celcius) dalam 10-40 detik untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme berlebih. Kandungan nutrisinya lebih rendah dibandingkan fresh milk pasteurisasi, namun umur simpannya lebih lama (9-10 bulan).

3. Susu steril adalah susu yang disterilkan dengan pemanasan suhu tinggi (lebih dari 145 derajat Celcius) yang sangat lama, hingga bisa mencapai 40 menit, sehingga tidak hanya membunuh mikroorganisme, tapi juga menyebabkan reaksi kimiawi yang merusak sejumlah gizi alami susu, serta perubahan rasa dan tekstur. Walau demikian, susu steril memiliki daya simpan paling lama, mencapai 12 bulan.

Greenfields #StartFresh

Dari perbedaan di atas, menurut dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Siloam TB Simatupang, fresh milk pasteurisasi merupakan pilihan susu cair terbaik karena proses pengolahannya tidak menghilangkan atau merusak berbagai vitamin atau mineral, macro nutrient, serta nutrisi bioactive alami yang terkandung dalam protein susu. Komponen nutrisi bioactive tidak ada di dalam susu cair lain karena umumnya rusak atau hilang karena pemanasan suhu tinggi pada waktu lama.

Padahal, nutrisi bioactive berperan penting menjaga kesehatan dan metabolisme seseorang, di antaranya memperbaiki jaringan tubuh, anti inflamasi, antioksidan, hingga anti kanker. Inilah mengapa konsumsi fresh milk pasteurisasi secara rutin, setidaknya dua kali sehari, lebih direkomendasikan.

Fresh milk pasteurisasi bisa dinikmati oleh anak mulai dari usia 12 bulan. Khusus orang dewasa, ingatlah batassan konsumsi lemak, sehingga jangan lupa juga pastikan pilihan susumu hanya mengandung 100% susu sapi segar yang bersumber dari sapi-sapi yang well-maintained dan well-monitored.

Rangkaian produk Greenfields Indonesia memiliki ekstra kebaikan karena diproduksi dari 100% fresh milk dari 100% peternakan sendiri, di mana sapi-sapinya mendapatkan perawatan terbaik untuk memberikan nutrisi terbaik juga. Dengan komitmen #BeraniEXTRA, Greenfields Indonesia secara ketat mengawal dan mengelola proses produksi susu mereka sendiri dari hulu ke hilir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading