Sukses

Food

8 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kacang hijau termasuk salah satu biji-bijian yang bisa diolah jadi berbagai macam makanan maupun minuman. Olahan kacang hijau yang paling populer adalah bubur kacang hijau atau disebut juga dengan burjo. Kacang hijau juga bisa diolah jadi isian onde-onde atau es potong yang disukai anak-anak.

Selain rasanya yang enak, kacang hijau ternyata mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Contohnya seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, zat besi dan lain-lain.

Tak hanya kacang hijaunya saja yang bermanfaat, ternyata air rebusannya pun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak yang belum tahu mengenai manfaat air rebusan kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Berikut 8 manfaat air rebusan kacang hijau untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Air rebusan kacang hijau mengandung serat yang tinggi. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga berat badan yang sehat. Konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus.

2. Mencegah Anemia

Kacang hijau merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi diperlukan dalam pembentukan sel darah merah yang sehat, yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, dapat menyebabkan anemia dan kelelahan. Air rebusan kacang hijau dapat membantu meningkatkan asupan zat besi secara alami.

3. Meningkatkan Imunitas

Air rebusan kacang hijau mengandung antioksidan yang kuat, seperti vitamin C dan vitamin E. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Mengonsumsi air rebusan kacang hijau secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

4. Sumber Protein Nabati

Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang baik. Protein penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, pembentukan otot, serta menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Jika adalah seorang vegetarian atau vegan, air rebusan kacang hijau dapat menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan protein tanpa harus mengonsumsi daging atau produk hewani.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Air rebusan kacang hijau rendah lemak dan bebas kolesterol. Lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dalam diet dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan menggantikan sumber protein hewani dengan kacang hijau, kamu bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga air rebusan kacang hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Hal ini penting terutama bagi individu yang memiliki diabetes atau berisiko mengalami diabetes tipe 2. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengendalikan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kalau kamu sering mengalami mata merah karena lelah atau iritasi, mungkin bisa mencoba air rebusan kacang hijau sebagai menu sehatmu. Ini karena air rebusan kacang hijau mengandung vitamin A yang bagus untuk menyehatkan mata yang letih.

8. Mengatasi Rambut Rontok

Ada banyak faktor yang membuat rambut rontok, salah satunya karena adanya penyakit atau karena kekurangan vitamin. Untuk itu mengonsumsi air rebusan kacang hijau bisa menjadi solusinya. Hal ini karena air rebusan kacang hijau mengandung zinc yang bagus untuk kesehatan rambut. Zinc dapat membantu menormalkan hormon pada rambut sehingga bisa mengatasi masalah kerontokan.

Itulah 8 manfaat air rebusan kacang hijau untuk kesehatan tubuh. Namun jika kamu masih ragu, kamu bisa tanyakan pada dokter atau ahli gizi ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading