Sukses

Food

Cara Membuat Madu Mongso, Camilan Tradisional yang Manis dan Nagih

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar madu mongso? Madu mongso adalah camilan tradisional yang berasal dari Jawa Timur. 

Madu mongso berasal dari kata madu yang artinya cairan manis dan mongso artinya dimakan sehingga madu mongso dapat diartikan sebagai makanan manis untuk dimakan. Konon katanya camilan manis ini sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram kuno.

Pada zaman tersebut, madu mongso hanya dihidangkan untuk para raja dan saat perayaan atau ritual besar. Pada zaman dulu madu mongso termasuk makanan istimewa, mahal, dan susah didapat.

Di zaman sekarang, camilan manis yang satu ini sudah mulai langka. Bahkan generasi sekarang pun sudah tak lagi mengenal madu mongso. Nah kamu bisa membuat madu mongso untuk camilan di rumah sekaligus untuk mengenalkan anak-anak pada camilan jadul yang satu ini. Berikut resep dan cara membuat madu mongso yang rasanya manis dan nagih.

Resep Madu Mongso

Bahan-bahan:

  • Tape ketan dari ½ kg ketan hitam
  • 150 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml santan kental dari ½ butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat madu mongso:

  1. Dalam wajan berukuran lumayan besar, rebus santan, gula merah, gula putih, garam dan daun pandan, masak sampai santan menyusut dan gula agak mengental.
  2. Masukkan tape ketan hitam, sambil diaduk – aduk. Masak diatas api kecil.
  3. Masak kurang lebih sekitar 30- 35 menit. Setelah adonan madu mongso agak lengket dan mengumpal matikan api. Setelah api dimatikan aduk aduk madumongso sebentar, lalu taruh madumongso didalam wadah, biarkan dingin.
  4. Setelah madu mongso dingin, bungkus madu mongso sesuai selera.

Itulah resep dan cara membuat madu mongso. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading