Sukses

Food

5 Manfaat Sayur Katuk Untuk Ibu Hamil yang Begitu Mengagumkan

Fimela.com, Jakarta Bagi ibu yang sedang hamil, wajib hukumnya untuk lebih memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama kehamilan, tak hanya berpengaruh pada kesehatan Mom saja. Ini juga berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang janin di kandungan. 

Selama kehamilan, salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi sehari-hari ada sayuran hijau. Ada banyak ragam sayuran hijau yang bisa dikonsumsi. Mulai dari sawi, kangkung, brokoli, daun singkong, daun kelor hingga daun katuk. Tapi, pernahkah Mom mencari tahu apa manfaat dari sayuran ini untuk ibu hamil? 

Kali ini kita akan membahas manfaat sayur daun katuk untuk ibu hamil. Adapun manfaatnya antara lain sebagai berikut:

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam daun katuk, juga betakarotin yang terkandung di dalamnya, sangat baik menjaga kesehatan mata ibu hamil. Kebaikan ini bahkan bisa dirasakan ibu setelah ia melahirkan buah hatinya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat hamil tubuh jadi lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Perubahan hormon selama kehamilan, berpengaruh besar terhadap tinggi rendahnya sistem kekebalan tubuh. Daun katuk sendiri bisa bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan hamil. Ini juga bisa memaksimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. 

Membersihkan Racun di Tubuh

Daun katuk memiliki fungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Konsumsi sayur daun katuk selama kehamilan atau hari-hari biasa, akan membantumu membersihkan racun dalam tubuh secara alami. Daun katuk juga bisa mempersiapkan produksi ASI terbaik menjelang persalinan. 

Mengatasi dan Mencegah Anemia

Ibu hamil sangat rentan terhadap anemia. Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini, Mom bisa konsumsi sayur daun katuk selama hamil. Konsumsi ini akan jauh lebih baik untuk dilanjutkan setelah persalinan demi tingkatkan daya tahan dan mencegah beragam masalah kesehatan.

Mencegah Risiko Pendarahan

Daun katuk mengandung zat besi yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan konsumsi zat besi cukup selama hamil, ini bisa mencegah risiko pendarahan selama kehamilan atau pun pendarahan saat proses persalinan. 

 

Resep Bening Daun Katuk untuk Ibu Hamil

Bahan

  • 1 ikat daun katuk
  • 1 buah jagung manis
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cm temu kunci
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • air secukupnya

Cara Membuat

  1. Petik semua daun katuk, cuci bersih. Potong-potong secukupnya.
  2. Potong-potong atau iris pipil jagung manis. 
  3. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Kupas temukunci lalu geprek.
  4. Rebus air hingga mendidih, masukkan jagung pipil, lengkuas geprek dan temu kunci. 
  5. Jika sudah tampak matang, masukkan daun katuk. Masak hingga mendidih.
  6. Masukkan bawang iris, garam dan gula pasir. 
  7. Tes rasa, jika daun katuk sudah matang dan jagung empuk, angkat.

Itulah sekian manfaat daun katuk untuk kesehatan ibu hamil beserta resep sayur daun katuk. Selain manfaat di atas, manfaat lain ada menyempurnakan bentuk plasenta, mencegah stres, meningkatkan suasana hati, menstabilkan tekanan darah dan membuat Mom jauh lebih berenergi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading