Sukses

Food

5 Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat dan Lezat

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tahu mie instan? Bisa dipastikan bahwa siapapun tahu makanan yang satu ini. Bahkan, beberapa orang menjadikan mie instan sebagai makanan yang cukup digemari karena selain rasanya yang lezat, mie instan juga mudah dibuat dan harganya cukup terjangkau. Rasanya yang gurih, porsinya yang cukup banyak, membuat siapapun yang mengonsumsi mie instan akan merasa kenyang pun senang. 

Tapi sayang Sahabat Fimela, di balik rasa lezat dari mie instan, di balik rasa kenyang dan senang ini tak akan bertahan lama. Pasalnya, mie instan bisa menjadi makanan yang cukup berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus dan dalam porsi yang berlebihan. Adanya bahan pengawet, penyedap rasa dan zat kimia lainnya, dipercaya sangat tidak baik jika harus dikonsumsi secara berkelanjutan. 

Lantas, bagaimana agar mie instan tetap sehat? Apa mungkin mie instan lebih bernutrisi dengan cara memasak yang tepat? Agar mie instan lebih sehat dan lezat, ada beberapa tips atau hal yang perlu diperhatikan. Yuk, simak yang berikut.

Tambahkan Sumber Protein

Tambahkan sumber protein ke dalam mie instan. Sumber protein yang bisa ditambahkan bisa berupa daging ayam, daging merah, telur, udang, cumi, ikan dan masih banyak lagi. Sumber protein akan membuat sajian mie instan makin kaya nutrisi. Ini juga membuat mie instan memiliki cita rasa yang lebih lezat pun bervariasi.

Tambahkan Sayuran

Usahakan untuk memasak mie instan bersama sayuran segar. Adapun sayur yang bisa ditambahkan antara lain sayur sawi, sayur bayam, selada, pakcoy, polong, brokoli, kubis, wortel dan sejenisnya. Sayuran yang kaya serat akan membuat mie instan tak hanya makin lezat, tetapi juga makin sehat. Ini juga menyeimbangkan nutrisi dan gizi di dalam mie instan yang kita konsumsi. 

Tambahkan Bumbu

Memasak mie instan dengan bumbu bawaannya saja tidaklah cukup. Kamu perlu menambahkan bumbu segar berupa irisan bawang putih, bawang merah, cabai, daun bawang dan sejenis untuk dapatkan cita rasa yang lebih lezat dan mie instan yang lebih sehat. Adanya bumbu segar akan membuat olahan ini makin sehat dan kaya nutrisi.

Hindari Konsumsi Mie Instan Bersama Nasi

Sebisa mungkin hindari konsumsi mie instan bersama nasi. Kedua makanan ini tinggi kalori dan rendah nutrisi penting lainnya. Jika keduanya dikonsumsi bersama, ini justru tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi mie instan bersama nasi mungkin membuatmu mudah kenyang. Tapi ini juga membuatmu mudah terkena masalah kesehatan.

Batasi Konsumsinya

Mengonsumsi mie instan sebenarnya sah-sah saja. Tapi ingat, agar mie instan lebih sehat, kamu harus membatasi konsumsinya. Hindari mengonsumsi mie instan secara terus menerus setiap hari tanpa konsumsi makanan atau sumber nutrisi lainnya. Sebaiknya, mie instan tak dikonsumsi lebih dari 1 kali setiap minggunya. 

Itulah sekian tips memasak mie instan agar lebih sehat dan lezat. Tips ini sebenarnya tak berlaku pada mie instan saja ya Sahabat Fimela. Tapi juga berlaku untuk berbagai makanan lain terutama makanan olahan seperti sosis, nugget, bakso dan sejenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading