Sukses

Food

Berkenalan dengan Program Pelestarian Kopi Berkelanjutan Milik Nespresso

Fimela.com, Jakarta Nespresso baru saja memperkenalkan kembali program AAA Sustainability Qualitynya dalam rangka merayakan tahun ke-20. Program ini dibuat bertujuan membuat pertanian dan pengadaan kopi yang berkelanjutan, dengan memperhatikan aspek lingkungan dan masyarakat adat, guna mewujudkan dampak nyata dan jangka panjang melindungi masa depan.

Selama 20 tahun, program ini telah menjadi landasan bisnis Nespresso, yang memimpin komunitas kopi global menuju pertanian regeneratif. Program ini juga berperan penting dalam menghidupkan kembali varietas kopi yang terancam punah dari seluruh dunia, sehingga para penggemar kopi bisa lebih mudah menikmati dan mengapresiasi profil rasa kopi yang unik.

Program AAA Sustainability Quality milik Nespresso memiliki pendekatan pertanian berkelanjutan yang disesuaikan dengan daerah asal perkebunan kopi. Program ini dibuat bersama organisasi nirlaba internasional Rainforest Alliance di tahun 2003 dengan 3 pilar inti, yaitu kualitas, budaya sosial dan lingkungan alam, dan produktivitas.

 

 

Program AAA Sustainability Quality milik Nespresso

Ketiga pilar ini juga mencakup 3 penggerak strategis milik AAA, yaitu kualitas, regeneratif, dan inklusivitas. Lewat program ini, Nespresso menawarkan kerangka teknis untuk mendukung petani lokal dalam menciptakan pertanian berkelanjutan, yang akan menghasilkan kopi berkualitas dan berkuantitas tinggi.

Program AAA ini juga menjadi platform bagi Nespresso membangun hubungan jangka panjang dengan para komunitas petani, di mana mereka bisa mengembangkan solusi inovatif bersama menuju pertanian tangguh dan tahan terhadap perubahan, sehingga memastikan mata pencaharian yang berkelanjutan bagi petani. Program ini juga didesain untuk memastikan persediaan kopi berkualitas dalam jangka panjang lewat rangkaian pelatihan yang memberdayakan petani.

Program AAA diawali dengan 3000 petani di Kosta Rika di tahun 2003, kini telah mencakup lebih dari 150.000 petani di 18 negara, termasuk Indonesia. Lebih dari 7 juta pohon telah ditanam oleh Nespresso dan mitra-mitranya dalam program AAA dari tahun 2014, semakin menunjukkan komitmen dalam mereboisasi dan pelestarian lingkungan.

Selain itu, 93% kopi Nespresso didapatkan dari petani bersertifikasi AAA. Dalam pengadaan program ini, Nespresso telah berinvestasi lebih dari 47 juta CHF.

Program AAA Sustainability Quality milik Nespresso

Sebagai wujud komitmen Nespresso dalam kepedulian terhadap praktik berkelanjutan, koleksi Reviving Origins dihadirkan kembali. Ragam kopi yang ada di koleksi Reviving Origins memiliki cerita unik karena didapatkan dari perkebunan dan komunitas kopi yang hampir hilang, yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti konflik politik, ekonomi, dan bencana alam.

Koleksi kopi Reviving Origins yang diperkenalkan kembali adalah Amaha Awe Uganda, Esperanza de Colombia, dan Cafecita de Cuba. Ketiga kopi ini berhasil diselamatkan dari ambang kepunahan dan merupakan hasil kerjasama para ahli di dunia kopi, termasuk para peneliti, petani, dan ahli lingkungan.

Setiap kopi ini dihasilkan menggunakan teknik berbeda. Koleksi ini tak hanya membawa rasa mewah semudah satu sentuhan pada tombol, tapi juga menghubungkan para penikmat kopi dengan cerita ketangguhan dan regenerasi dari komunitas kopi di seluruh dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading