Sukses

Food

Penuhi Nutrisi dengan Ikuti Tips Meal Prep untuk Vegan

Fimela.com, Jakarta Makanan yang tubuh adalah makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Kamu mungkin sering mendengar hal tersebut. Setiap harinya tentu kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti karbohdirat, lemak, protein hingga vitamin dan serat. 

Dari sekian banyaknya jenis makanan yang ada, pernahkah mendengar kata vegan atau vegetarian? Keduanya sering dianggap sama tetapi aslinya berbeda. Menurut Harvard Health Publishing: Harvard Medical School, orang-orang vegetarian adalah orang-orang yang tidak mengkonsumsi daging, lemak tinggi, bahkan hidangan laut. Setiap orang memiliki tipenya sendiri dan tidak semua vegetarian 100% tidak makan makanan tersebut. 

Sedangkan menurut NHS, vegan sendiri merupakan paham yang dilakukan oleh orang-orang dengan tidak makan makanan mengandung hewan seperti daging. Meskipun begitu vegan juga tetap mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt dan susu soya, berbeda dengan vegetarian yang tidak mengonsumsi produk susu dan benar-benar menjaga menu makanannya. Hal inilah yang membedakan vegan dan vegetarian. 

Menurut Vegan Society, tidak hanya orang-orang biasa tetapi vegan juga harus bisa mengolah serta mempersiapkan makanan atau meal-prep dengan baik. Memang kondisi orang-orang yang membuatnya memutuskan untuk menjadi vegan berbeda-beda, ada yang karena faktor kesehatan hingga kepercayaan, tentu saja pengenalan bahan makanan yang baik dapat memenuhi asupan nutrisi tubuh meskipun tidak makan seperti daging maupun karbohidrat dan lemak tinggi sekalipun. 

Mungkin juga ada yang masih pertama kali menjadi vegan dan bingung bagaimana cara untuk meal preparation dengan benar? Berikut tips prep-meal untuk vegan serta contoh resep menu vegan untuk prep-meal yang dilansir dari Vegan Society dan Sweet Peas and Saffron. 

Cara melakukan meal prep untuk para vegan

Cara pertama tentu saja adalah riset dan mencari tahu informasi sebaik mungkin.Tantangan untuk para pelaku vegan adalah mengganti beberapa bahan baku yang mengandung protein. Misalnya daging sendiri identik dengan protein namun kita harus mencari tahu subtitusi daging dengan jumlah protein yang tidak kalah banyaknya dan sebanding untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. 

Dengan melakukan riset dapat memberikan gambaran mengenai perencanaan meal prep. Tidak hanya itu, dengan melakukan riset kamu juga akan lebih percaya diri dengan pemenuhan nutrisi pada tubuh. 

2) Periksa pilihan dan mencatat bahan-bahan makanan

Membuat catatan bahan-bahan makanan dan membandingkannya dengan panduan makanan sehat dapat membantumu untuk memeriksa kembali apakah bahan makanan yang dipilih sudah sesuai dengan kriteria. Kamu juga dapat menulis semua yang kamu makan dan minum selama 3 hari terakhir dan cobalah untuk memeriksa makanan yang sudah kamu konsumsi. 

3) Membuat rencana meal prep

Setelah riset dan memeriksa kembali bahan makanan yang dipilih kamu bisa membuat rencana meal prep. Misalnya untuk karbohidrat kamu bisa pilih bahan-bahan alternatif selain beras putih seperti beras merah, kentang, bahkan ubi-ubian. Kamu juga bisa set beberapa pencapaian yang nantinya dapat kamu raih serta kamu tinjau sebagai evaluasi di kemudian hari. 

Rencana meal prep dapat kamu buat dalam bentuk mingguan, gunakan saja menu makanan saat ini sebagai langkah awal. Sembari memeriksa juga produk yang kamu konsumsi masih mengandung protein hewani, kamu bisa segera menggantinya dengan protein nabati lain serta minum berbagai cairan seperti jus yang dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan nutrisi yang masuk. 

Resep Tofu Scramble, contoh meal prep untuk para vegan

Bahan-bahan

  • Tahu secukupnya
  • Sayur-sayuran seperti jamur, paprika, dan asparagus. Bisa juga dengan brocoli, kol, dan bayam. 
  • Ragi untuk memberikan rasa tahu yang lebih cheesy
  • Rempah-rempahan seperti kunyit untuk memberikan warna kuning serta sedikit pedas. 
  • Bubuk bawang putih dan bombai untuk penambah citrasa. 

 

Cara membuat

  • Panaskan minyak zaitun pada wajan anti-lengket, kemudian masukkan asparagus, jamur, dan paprika. Masak selama 507 menit hingga tekstur melembut.
  • Selama sayur-mayur masih dimasak, campurkan bubuk bawang bombai, bubuk bawang putih, kunyit, garam, serta ragi nutrisional. 
  • Setelah tekstur sayur melembut, masukkan tahu yang sudah dihancurkan, campuran bubuk dan rempah, serta air. Aduk hingga semuanya menyatu sekitar 3-4 menit.
  • Matikan api dan hidangkan selagi hangat atau bisa juga dengan disimpan di dalam kotak untuk makanan. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading