Sukses

Food

Tips Menggoreng Ikan Lele Agar Minyak Tidak Meletup-Letup

Fimela.com, Jakarta Salah satu tantangan dalam memasak adalah ketika menggoreng ikan. Teknik menggoreng ikan yang salah atau kurang tepat, rentan bikin minyak meletup-letup. Ini juga rentan bikin ikan jadi lengket di wajan, hancur dan tidak lagi menarik untuk dikonsumsi. Salah satu jenis ikan yang sering bikin minyak meletup saat digoreng adalah ikan lele. Ikan ini juga kerap lengket di wajan. 

Untuk menggoreng ikan lele yang benar, kali ini Fimela punya beberapa cara yang harus kamu perhatikan Sahabat Fimela. Inilah cara menggoreng ikan lele agar minyak tidak meletup-letup dan tidak lengket.

Cara Menggoreng Ikan

1. Tepungi Ikan Lele

Cara atau tips pertama adalah tepungi ikan lele sebelum digoreng. Ikan lele yang ditepungi rendah risiko lengket dan menyebabkan minyak meletup. Ini juga bikin ikan lele tetap utuh dengan cita rasa yang lebih lembut serta menggugah selera. 

2. Gunakan Minyak Banyak

Saat menggoreng ikan lele, sebaiknya gunakan minyak dalam jumlah banyak. Usahakan ikan lele terendam ke dalam minyak saat digoreng. Selain menurunkan risiko minyak meletup, ini bantu ikan lele matang sempurna hingga daging bagian dalamnya. Ini juga membuat ikan lele tidak melengkung. 

3. Marinasi dengan Bumbu

Marinasi ikan lele dengan bumbu sebelum digoreng. Ini akan membuat ikan lele lebih gurih karena bumbu lebih meresap. Iris juga bagian tubuh ikan lele agar ikan lele matang merata. 

4. Balik Lele Saat Bagian Bawah Kering

Menggoreng ikan lele dan ikan jenis lain, sebaiknya tunggu hingga bagian bawahnya kering jika kamu ingin membaliknya. Ini akan menurunkan risiko ikan hancur dan minyak meletup dalam proses penggorengan. 

5. Goreng dengan Jumlah Sedikit

Sebaiknya ikan lele digoreng dalam jumlah yang sedikit saja di satu wajan. Hindari menggoreng ikan lele dalam jumlah banyak jika minyak yang kamu gunakan tak terlalu banyak. Menggoreng ikan lele dalam jumlah berlebih, rentan bikin ikan lele bengkok. Ini juga rentan bikin ikan lele lengket dengan wajan serta minyak meletup-letup karena ikan bersifat basah dalam waktu lama. 

Itulah sekian cara atau tips menggoreng ikan lele agar minyak tidak meletup-letup. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading