Sukses

Food

Resep Pancake Susu Kental yang Lembut dan Manis, Sajian yang Memanjakan Lidah

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Pancake adalah kue datar yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu, gula, ragi atau bahan pengembang lain, dan bahan tambahan sesuai selera seperti mentega atau vanili. Adonan ini lalu digoreng atau dipanggang di atas permukaan rata, menghasilkan kue bulat atau bundar dengan warna keemasan di kedua sisi.

Cake satu ini menjadi salah satu makanan yang sering dimakan sebagai sarapan di berbagai budaya di dunia. Biasanya disajikan dengan sirup maple, madu, mentega, atau topping lainnya seperti buah-buahan segar, selai, kacang-kacangan, atau whipped cream. Tak jarang banyak orang yang sering menambahkan susu kental menjadi bagian adonan pembuatan. 

Pancake memiliki banyak variasi resep sesuai dengan preferensi lokal dan pribadi, pernah mencoba membuat pancake di rumah? Ternyata membuat pancake tidaklah susah lho. Kamu dapat menggunakan susu kental manis menjadi salah satu bagian adonannya, ini dia resep dan cara mudah membuat pancake susu kental manis ala rumahan:

 

Resep Pancake Susu Kental Manis

Bahan-bahan:

  • 1 ½ cangkir tepung terigu serbaguna.
  • 3 ½ sendok teh baking powder.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 ¼ cangkir susu.
  • 1 telur.
  • ¼ cangkir susu kental manis.
  • 3 sendok makan mentega cair (atau minyak sayur), ditambah lebih banyak untuk mengoles wajan.
  • Topping pilihan: madu, sirup maple, buah segar, atau selai (opsional).

Cara Membuat:

  1. Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk hingga bahan-bahan kering tercampur rata.
  2. Di mangkuk lain, kocok susu, telur, susu kental manis, dan mentega cair sampai rata.
  3. Tuangkan adonan basah ke adonan kering. Aduk dengan lembut hingga tercampur. Jangan aduk terlalu banyak; adonan boleh bergerindil sedikit tetapi tidak ada tepung yang menggumpal.
  4. Panaskan wajan datar (pancake griddle) atau wajan anti lengket di atas api sedang. Oleskan permukaannya dengan mentega atau minyak sedikit.
  5. Tuangkan adonan pancake ke wajan dengan sendok sayur atau cangkir ukur, sesuai dengan ukuran pancake yang diinginkan (biasanya sekitar 1/4 cangkir adonan untuk satu pancake).
  6. Goreng pancake sampai gelembung muncul di permukaannya dan bagian bawahnya kecokelatan, kira-kira 2-3 menit. Lalu balik pancake dan goreng bagian lainnya sampai matang, kira-kira 1-2 menit.
  7. Angkat pancake dan taruh di piring saji. Ulangi langkah dengan adonan yang tersisa.
  8. Hidangkan pancake panas dengan topping kesukaan seperti madu, sirup maple, buah-buahan segar, atau selai sesuai selera.

Resep ini bisa disesuaikan dengan selera pribadi. Selamat menikmati pancake dengan rasa manis dari susu kental manis!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading