Sukses

Food

Tanpa Direbus atau Diremas Garam, dengan 1 Bahan Dapur Ini Rasa Pahit Pare Bisa Hilang

Fimela.com, Jakarta Pare merupakan salah satu bahan makanan yang umumnya diolah menjadi sayur dan disantap bersama nasi hangat serta lauk. Rasa pahit yang khas pada pare berasal dari senyawa alkaloid momordisin, yang terdapat pada buah dan daunnya. Meskipun beberapa orang menikmati rasa pahit pare, sebagian lain merasa terganggu olehnya, menjadikannya makanan yang dihindari.

Bagi yang tidak menyukai rasa pahit pare, terdapat beberapa teknik memasak yang dapat menghilangkan sensasi pahit tersebut. Salah satunya adalah dengan merendam pare dalam garam atau merebusnya dengan bahan khusus. Sebuah cara praktis juga dibagikan oleh seorang pengguna TikTok @bunpaokitchen, yang tidak menggunakan garam, melainkan bahan dapur lain.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok dengan akun @bunpaokitchen, pada Rabu (10/01/2024).

Bahan Dapur yang Digunakan

Bahan dapur yang digunakan adalah minyak goreng. Minyak ini akan digunakan untuk menumis pare tanpa dicampur dengan bahan lain.

Langkah Pertama

Persiapkan pare yang akan diolah, bersihkan, potong sesuai selera, dan keruk bagian dalamnya. Dalam video TikTok @bunpaokitchen, ia mengiris pare tipis karena untuk ditumis.

Langkah Kedua

Lanjutkan dengan menyiapkan panci dan menuangkan minyak goreng secukupnya. Ratakan minyak hingga merata di seluruh bagian panci.

Langkah Ketiga

Setelah itu, nyalakan api pada kompor dan tunggu hingga minyak menjadi panas. Setelah minyak panas, masukkan pare yang sudah dibersihkan dan diiris tipis tadi.

Langkah Keempat

Setelah pare dimasukkan ke dalam panci, tumis hingga layu. Penting untuk terus mengaduk dengan spatula agar proses pengeringannya merata.

Langkah Kelima

Terakhir, apabila sudah layu (tanpa harus terlalu lembek), angkat dan letakkan di sisi untuk sementara.

Pare yang sudah disiapkan dapat diolah kembali dengan berbagai masakan. Jika ingin menumis, gunakan wajan yang sama. Tambahkan minyak goreng, tumis bumbu, dan masukkan pare yang telah dimasak sebelumnya. 

Menurut akun TikTok @bunpaokitchen, cara ini efektif mengurangi rasa pahit pada pare, sehingga sering ia terapkan saat mengolah sayuran tersebut.

Apakah Cuka Bisa Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare?

Salah satu cara mengatasi rasa pahit pada pare adalah dengan merebusnya. Rebus potongan pare dengan campuran cuka, garam, dan gula dalam perbandingan masing-masing 2 sendok. Rebus sebentar saja agar nutrisinya tetap terjaga.

Apa yang Menyebabkan Pare Terasa Pahit?

Rasa pahit pada sayur pare disebabkan oleh senyawa alkaloid momordisin, yang termasuk dalam kelompok cucurbitacin.

Apa Manfaat Air Rebusan Pare?

Air rebusan pare disebut juga mengandung antimikroba dan antioksidan. Ini bisa membantu mengatasi masalah kulit, memurnikan darah, kelainan darah, mengeluarkan racun dalam darah, serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Apakah Baik Mengkonsumsi Pare Setiap Hari?

Meskipun pare memiliki sejumlah manfaat, sebaiknya hindari konsumsi berlebihan karena tidak disarankan. Mengkonsumsi pare dengan jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping.

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Sayur Pare?

Buah pare tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi sembelit, tetapi juga dapat mengurangi masalah asam lambung seperti mulas, kembung, dan perasaan terisi gas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading