Sukses

Food

Resep dan Khasiat Mengkonsumsi Daun Jambu Biji, Efektif Tangkal Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Daun jambu biji, selain menjadi salah satu bagian dari pohon jambu biji yang kerap kali dikonsumsi sebagai buah, ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu manfaatnya yang signifikan adalah kemampuan dalam menangkal kolesterol.

Resep dan cara mengkonsumsi daun jambu biji untuk tujuan kesehatan kini menjadi sorotan, terutama bagi yang ingin mengatasi masalah kolesterol tinggi secara alami. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total, serta meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Oleh karena itu, pengembangan resep dan cara pengolahannya menjadi penting untuk memaksimalkan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari daun jambu biji.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (17/01/2024).

Asal-Usul Jambu Biji

Diperkirakan bahwa jambu biji berasal dari wilayah selatan Meksiko, Amerika Tengah, dan benua Amerika yang memiliki iklim tropis. Seiring berlalunya waktu, buah jambu biji menyebar ke beberapa negara seperti Thailand, Taiwan, Indonesia, Jepang, Malaysia, dan Australia.

Mengutip informasi dari Kementerian Kesehatan, jambu biji adalah salah satu buah tropis yang dikenal dengan nama Guava. Buah ini telah tersebar luas dan dapat dinikmati di negara-negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia.

Kandungan dalam Daun Jambu Biji

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari boldsky.com, daun jambu biji mengandung berbagai zat bermanfaat seperti antioksidan, vitamin C, dan flavonoid. Zat-zat inilah yang memberikan keistimewaan pada daun jambu biji, menjadikannya sebagai sumber kesehatan yang kaya manfaat.

Khasiat Jambu Biji untuk Menangkal Kolesterol

Dikutip dari Kompas.com, bahwa mengkonsumsi jambu biji matang sebelum makan dapat menurunkan jumlah total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Jambu biji mengandung serat sebanyak 5,4 gram per 100 gramnya, menjadikannya sebagai sumber serat makanan yang signifikan.

Resep Mengkonsumsi Daun Jambu Biji untuk Tangkal Kolesterol

Dikutip dari Grid Health, manfaat daun jambu biji terletak pada kandungan pektin yang mampu mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh.

Bahan-bahan:

  1. 15 gram - 30 gram daun jambu biji segar 
  2. Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebuslah daun jambu biji sebanyak 15 gram - 30 gram dengan air bersih hingga mendidih. 
  2. Setelah itu, saring dan biarkan dingin. 
  3. Minumlah segelas air rebusan daun jambu biji secara teratur untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Berapa Lama Merebus Daun Jambu Biji?

Rebus selama 5 hingga 10 menit.

Apa Manfaat Daun Jambu Biji Direbus?

Kandungan dalam ekstrak daun jambu biji dapat mendukung peningkatan jumlah trombosit dan menghambat perkembangan virus dengue dalam tubuh.

Apakah Daun Jambu Biji Bisa Membuat Wajah Glowing?

Kandungan antioksidan yang melimpah dalam daun jambu biji, termasuk vitamin C, memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah.

Apakah Daun Jambu Biji Bisa Mengobati Asam Lambung?

Daun jambu biji juga memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya, termasuk asam lambung.

Apakah Daun Jambu Biji Bisa Menaikkan Trombosit?

Dalam satu buah jambu biji yang memiliki berat sekitar 100 gram, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 87 miligram. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa vitamin C memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah trombosit dan sel darah putih pada individu yang mengalami demam berdarah. Selain buahnya, daun jambu biji juga ditemukan memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan jumlah trombosit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading