Sukses

Food

Serba-Serbi Labu Siam yang Harus Diketahui, Mulai Dari Nutrisi hingga Cara Simple Mengolahnya

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin pernah menemukan sayuran berwarna hijau dalam olahan masakan yang dihidangkan di meja makan. Labu siam dengan nama latin Sechium edule ini salah satu tipe labu yang termasuk dalam keluarga  Cucurbitaceae. Terkenal dengan sebutan pir sayur-sayuran atau vegetable pear, labu siam ini masih terhubung dengan zucchini, mentimun, dan melon, bahkan citarasanya tergabung dari kombinasi ketiganya. 

Labu siam banyak dijumpai di Meksiko dan Kosta Rika, labu siam ini juga termasuk sayuran yang sehat karena kaya akan vitamin C, rendah kalori, serta sumber serat yang baik. Umumnya, labu siam bisa diolah dengan makan secara mentah hingga dimasak. 

Di Indonesia, labu siam sering dijadikan sebagai olahan sayur yang cukup untuk digemari masyarakat. Berbagai olahan labu siam mulai dari sayur bening, tumis labu siam, hingga dijadikan sebagai sambal. Karena khasiatnya yang baik ini, banyak masyarakat yang senang mengonsumsi sayur yang satu ini. 

Apa saja manfaat, nutrisi, serta khasiat yang dimiliki labu siam serta olahan seperti apa yang bisa dimasak dengan labu siam sebagai bahan utamanya? Berikut informasi dari Healthline dan Simply Recipe untukmu. 

Nutrisi, manfaat, dan khasiat labu siam yang harus kamu tahu

Nutrisi yang terkandung dalam labu siam

Labu siam memiliki nutrisi antara lain 39 kalori, 9 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0 gram lemak, 4 sampai dengan 14% gram serat berdasarkan takaran keseharian atau RDI, 26% vitamin C, 47% folat atau vitamin B9, 10% vitamin K, 8% B6, mangan sebanyak 19%, mineral mikoro sebanyak 12%, zink sebanyak 10%, potasium sebanyak 7% dan magnesium sebanyak 6%. 

Karena labu siam ini rendah kalori, lemak, sodium, dan karbohidrat, sayuran yang satu ini tergolong sehat dan menjadi pilihan dalam berbagai olahan makanan. 

Khasiat dan manfaat labu siam untuk kesehatan

Menurut Healthline, labu siam ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mulai dari antioksidan hingga menjaga kesehatan ibu hamil, berikut khasiat dan manfaatnya:

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat labu siam terletak pada antioksidannya, antioksidan sering ditemukan dalam berbagai jenis bahan makanan yang berguna untuk melindungi dari kerusakan sel, mengurangi inflamasi, serta mengurangi stres. Labu siam mengandung antioksidan quercetin, myricetin, morin, dan kaempderol. Di antara keempatnya, myricetin menjadi kandungan tertinggi. Penelitian menunjukkan myricetin mengandung antikanker, antidiabetes, serta antiinflamasi. 

2. Kaya akan folat untuk ibu hamil

Folat atau vitamin B9 merupakan bagian esensial terutama untuk ibu hamil. Terutama dalam kehamilan awal, folat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Konsumsi folat juga dapat mencegah kelahiran awal atau kurang dari 9 bulan. Dengan 40% kandungan folat, labu siam ini menjadi pilihan makanan yang dapat mendukung kesehatan ibu hamil dan bayi. 

3. Membantu menyehatkan jantung

Mengonsumsi labu siam dapat membantu mengurangi gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan jantung seperti tekanan darah tinggi hingga berkurangnya kekuatan peredaran darah. Penelitian yang dilakukan dengan ujicoba hewan juga menunjukkan labu siam dapat membuat 'rileks' peredaran darah. Labu siam mengandung myricetin atau antioksidan yang dapat mengurangi kadar kolesterol, selain itu labu siam juga kaya akan serat yang baik untuk mengurangi risiko gangguan jantung. 

Olahan labu siam yang harus kamu coba: Chayote Squash With Tomato and Green Chiles

Bahan-bahan

  • 1 Pon labu siam 
  • 6 Ons tomat panggang 
  • 1 Buah bawang putih, cincang
  • 2 Sendok teh minyak zaitun
  • 1 Sendok teh bawang bombai cincang
  • 1 Buah cabai hijau anaheim, buang ujung dan bijinya, cincang
  • Bubuk cabai merah kasar kering, secukupnya
  • 1/4 Cup kosher salt untuk perasa
  • 1/4 Cup cilantro cincang kasar 
  • 1/4 Cup keju parut 

Cara membuat

  • Kupas dan potong labu siam menjadi dua bagian dan iris-iris sama panjang.
  • Campurkan puree tomat dan bawang putih lalu blender dan tiriskan.
  • Panaskan minyak pada wajan dengan api sedang, tambahkan irisan bombai dan cabai hijau, masak hingga melembut selama 3-4 menit.
  • Tambahkan campuran tomat, cabai merah kasar bubuk, dan masak kembali selama 3 menit. 
  • Tambahkan irisan labu siam, air, dan garam untuk rasa. Masak dan aduk selama 15 menit.
  • Tambahkan potongan cilantro dan masak selama 5 menit, pastikan labu siam sudah melunak namun tidak berair.
  • Angkat dan sajikan bersama dengan keju. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Unlocking the Limitless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading