Sukses

Food

Tips Menyimpan Bumbu Rempah Rimpang Agar Segar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Rempah rimpang seperti kunyit, jahe, kencur, kunci, lengkuas dan sejenisnya merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup khas bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bumbu rempah ini tak bisa dilewatkan begitu saja untuk berbagai jenis masakan tradisional dengan cita rasa khas yang menggugah selera. Sehingga, tak heran jika beberapa orang senantiasa memiliki stok rempah ini di rumah. 

Selain biasa digunakan sebagai bumbu masakan, beberapa rempah ini juga kerap digunakan sebagai bahan jamu, teh herbal atau minuman yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Namun, bicara mengenai rempah rimpang, bagaimana kiranya untuk menyimpannya agar tahan segar lebih lama? Karena tak jarang, kita mendapati rempah rimpang yang disimpan mengering dan mengeras. Rempah yang telah mengering dan mengeras akan kehilangan rasa, aroma dan khasiat terbaiknya. 

Untuk menyimpan rempah rimpang agar segar tahan lama, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Cara Mudah Menyimpan Rempah

  • Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli rempah rimpang adalah beli rempah rimpang yang masih segar. 
  • Cuci bersih rempah kemudian angin-anginkan agar lebih bersih dan sisa tanahnya hilang. 
  • Simpan rempah rimpang di dalam plastik dan tutup rapat. Ini akan membantu menjaga kelembaban rempah dan membuatnya segar tahan lama. 
  • Kamu bisa menyimpan rempah rimpang di kulkas agar kesegarannya tahan lama pula. Simpan di dalam plastik kemudian masukkan ke kulkas. Ini bisa membuat rempah tahan lama hingga berbulan-bulan. 
  • Rempah juga bisa disimpan dalam keadaan halus. Kupas dan cuci bersih rempah kemudian haluskan. Sangrai dengan api kecil hingga matang. Biarkan dingin kemudian letakkan di wadah stoples kering dan simpan di kulkas. Ini bisa bertahan berbulan-bulan dan bisa digunakan dengan praktis setiap kali ingin memasak. 

Tips menyimpan rempah rimpang yang cukup mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading