Sukses

Food

Manfaat Ubi Rebus untuk Kesehatan, Cocok Dijadikan Pengganti Nasi

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela tentu tidak asimg dengan sumber karbo satu ini, bukan? Yup, di Indonesia sendiri, ubi sering dijadikan olahan enak, apalagi saat menjelang bulan Ramadan. Meskipun demikian, ubi sebetulnya bisa dikonsumsi sepanjang tahun, lho, apalagi jika diolah dengan cara direbus.

Di samping rasanya yang enak, olahan ubi juga bisa mengenyangkan perut karena sarat akan kandungan karbohidrat. Dari sisi kesehatan sendiri, umbi-umbian yang satu ini juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Selengkapnya apa, sih, nutrisi yang terkandung di dalam seporsi ubi jalar? Berikut adalah penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat ubi rebus untuk kesehatan. Sahabat Fimela bisa banget lho, untuk menjadikan ubi sebagai alternatif bahan pokok pengganti nasi!

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar per Porsi

Satu porsi ubi jalar mengandung:

  • Kalori: 112
  • Lemak: 0,07 gram
  • Karbohidrat: 26 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 3,9 gram
  • Vitamin dan mineral (vitamin B, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc)

Dengan mengkonsumsi satu buah ubi jalar, Sahabat Fimela memperoleh vitamin A sebesar 102% dari porsi yang seharusnya dibutuhkan tubuh setiap hari. Vitamin A sendiri dapat membantu kamu menjaga kesehatan mata serta sistem kekebalan tubuh. Selain itu, baik juga untuk sistem reproduksi dan organ seperti jantung dan ginjal.

Manfaat Ubi Rebus bagi Kesehatan

Ubi jalar mendapat julukan "superfood" karena banyaknya nutrisi yang dimilikinya. Studi menunjukkan bahwa mereka dapat membantu dalam:

  • Kanker: Karotenoid dalam ubi jalar dapat menurunkan risiko kanker. Ubi jalar ungu kaya akan senyawa alami lain yang disebut antosianin yang dapat menurunkan peluang Anda terkena kanker kolorektal.Diabetes: Senyawa dalam ubi jalar bisa membantu mengontrol gula darah. Saat direbus, ubi jalar memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah, yang berarti ubi jalar tidak akan meningkatkan gula darah Anda secepat makanan dengan GI tinggi.
  • Penyakit jantung: Penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat menurunkan kolesterol "jahat" LDL, yang dapat menurunkan peluang Anda terkena masalah jantung.
  • Degenerasi makula: Beta-karoten dan vitamin A dalam jumlah besar yang terkandung dalam ubi jalar dapat menurunkan peluang Anda terkena penyakit mata ini, yang merupakan penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan.
  • Obesitas: Ubi jalar ungu dapat membantu menurunkan peradangan di tubuh Anda dan mencegah pertumbuhan sel-sel lemak, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Tips Mengolah Ubi: Rebus, Kukus, dan Panggang

Saat membeli ubi di pasar atau toko, pilihlah ubi yang keras, tidak lembek, dan warna kulitnya merata. Gunakan pisau baja tahan karat untuk memotongnya. Pisau karbon akan menggelapkan daging.

Terdapat cara yang lebih sehat untuk mengolah ubi. Sahabat Fimela bisa mengukus, memanggang, merebus, atau memasukkannya ke dalam microwave.

Sahabat Fimela, itulah tadi penjelasan mengenai manfaat ubi rebus, kandungan nutrisi, dan cara mengolahnya. Jika kamu sedang mencari bahan pokok karbohidrat pengganti nasi, semoga ubi bisa menjadi bahan pertimbanganmu, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading