Sukses

Food

7 Ragam Buah yang Bagus Dijadikan Camilan Malam Hari setelah Tarawih dan Tips Cerdas Mengkonsumsinya

Fimela.com, Jakarta Tarawih merupakan salat sunah yang dilakukan malam hari oleh umat Islam ketika bulan Ramadan. Membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk tarawih, terkadang membuat Sahabat Fimela menjadi lapar setelahnya. Mengkonsumsi makanan berat mungkin akan membuatmu berpikir dua kali, karena kegiatan itu mudah sekali untuk menaikkan berat badan.

Sahabat Fimela bisa menjadikan buah-buahan sebagai camilan sehat di malam hari setelah kegiatan tarawih. Buah-buahan memiliki beragam manfaat dan berpotensi meningkatkan kualitas tidur. Sebagai camilan malam hari, kamu harus cerdas memilih buah yang rendah kalori tapi mengandung banyak serat.

Menyadur dari medium.com, berikut adalah tips memilih dan mengkonsumsi buah yang bagus dijadikan camilan malam hari setelah tarawih. Pilih dengan cerdas untuk memberi asupan pada tubuh sebelum tidur.

1. Buah beri

Beragam buah beri, seperti stroberi, bluberi, rasberi, dan blackberry, adalah pilihan tepat untuk Sahabat Fimela jadikan camilan sehat di malam hari setelah salat tarawih. Buah beri memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya sebagai camilan yang ideal. Rasa manis alaminya memuaskan hasrat akan sesuatu yang manis, sementara kandungan seratnya meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan berlebih ketika larut malam.

2. Apel

Buah apel kaya akan serat dan air, yang dapat membantu Sahabat Fimela merasa kenyang dan terhidrasi ketika lapar di malam hari. Apel juga mengandung sejenis serat yang disebut pektin, dikenal karena kemampuannya meningkatkan rasa kenyang dan membantu penurunan berat badan. Menikmati apel segar sebagai camilan malam hari bisa mengurangi rasa lapar dan mencegah kamu mengunyah pilihan makanan yang kurang sehat secara sembarangan. 

3. Kiwi

Kiwi adalah buah padat nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah kiwi juga rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi Sahabat Fimela yang memperhatikan berat badan. Kombinasi serat dan antioksidan dalam kiwi mendukung pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur. Kiwi menjadi buah yang ideal untuk dinikmati sebagai camilan malam setelah pulang tarawih.

4. Grapefruit

Secara harfiah, grapefruit berarti buah anggur. Tapi grapefruit bukan anggur. Bahkan penampilannya jauh berbeda dengan buah manis berwarna ungu tersebut. Grapefruit adalah buah jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan, yang memiliki rasa asam-kecut sedikit manis tapi juga agak pahit. Buah asal Barbados ini merupakan hasil kawin silang tidak sengaja dari spesies jeruk manis dan jeruk bali.

Grapefruit terkenal karena sifatnya yang meningkatkan metabolisme dan kemampuannya membantu penurunan berat badan. Rendah kalori tetapi tinggi kandungan air, membantu Sahabat Fimela merasa kenyang dan terhidrasi. Selain itu, grapefruit mengandung senyawa seperti naringenin, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan, menjadikannya pilihan cerdas untuk camilan malam hari.

5. Ceri

Ceri tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan antioksidan dan serat. Buah ini mengandung melatonin alami, bisa mengatur siklus hormon ketika bangun tidur, dan menjadikannya pilihan sempurna bagi Sahabat Fimela yang ingin meningkatkan kualitas tidur menjelang sahur. Ngemil segenggam ceri sebelum tidur dapat membantu kamu beristirahat dan melepas lelah sekaligus memberikan tambahan nutrisi.

6. Jeruk

Jeruk adalah buah yang menyegarkan dan menghidrasi sehingga dapat memuaskan hasrat akan sesuatu yang berair dan manis. Buah ini mengandung vitamin C, serat, dan air, yang membantu Sahabat Fimela tetap merasa kenyang dan mencegah rasa lapar di malam hari. Menikmati jeruk sebagai camilan malam hari dapat mengekang nafsu makan dan memberikan ledakan energi alami tanpa menggagalkan tujuan penurunan berat badan kamu.

7. Nanas

Nanas adalah buah tropis yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya nutrisi. Buah ini mengandung enzim yang disebut bromelain, yang membantu pencernaan dan mengurangi rasa kembung. Selain itu, nanas rendah kalori dan tinggi kandungan air, menjadikannya pilihan yang mengenyangkan dan menghidrasi untuk camilan sehat setelah Sahabat Fimela salat tarawih.

Tips cerdas ngemil buah di malam hari setelah tarawih

1. Kontrol porsi

Meskipun buah-buah bergizi, penting untuk melatih kontrol porsi terutama di malam hari. Pertahankan ukuran porsi buah untuk menghindari konsumsi kalori berlebih.

 

2. Imbangi dengan protein

Pertimbangkan untuk memadukan buah dengan sumber protein, seperti yogurt atau kacang-kacangan, untuk menciptakan camilan seimbang yang akan membuat Sahabat Fimela kenyang lebih lama.

 

3. Makan secara perlahan

Perhatikan isyarat lapar dan makanlah dengan perlahan serta penuh perhatian. Menikmati camilan buah tanpa gangguan dapat membantu cegah makan berlebih dan meningkatkan siklus baik pada pencernaan.

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading