Sukses

Food

Kenali Perbedaan Margarin dan Mentega: Si Kembar Tapi Berbeda

Fimela.com, Jakarta Margarin dan mentega terlihat sama dari tampilannya. Keduanya terkadang digunakan secaca bergantian. Tapi apakah Sahabat Fimela tahu bahwa margarin dan mentega memiliki perbedaan yang signifikan? Mulai dari bahan dasar, kandungan nutrisi, hingga fungsinya dalam memasak.

Jangan sampai Sahabat Fimela keliru menggunakan kedua bahan ini. Karena itu bisa mempengaruhi hasil masakanmu. Dilansir dari laman tasteofhome.com, inilah perbedaan margarin dan mentega, si kembar yang tak sama:

Apa Itu Margarin?

Margarin berbahan dasar minyak yang dikombinasikan dengan air, garam, dan beberapa bahan seperti pengemulsi.  Yang melalui proses kimia untuk memadatkan minyak nabati agar teksturnya lebih padat. Margarin seringkali digunakan sebagai pengganti minyak goreng. Atau juga dipakai sebagai olesan untuk olahan roti atau kue agar lebih bertekstur.

Apa Itu Mentega?

Mentega dikenal juga dengan nama butter. Mentega terbuat dari produk susu seperti susu atau krim hewani (sapi atau kambing). Tekstur mentega tercipta karena campuran krim diaduk dengan kuat. Sehingga padatan (lemak mentega) dan cairannya (buttermilk)  menghasilkan tekstur yang lebih padat.  Mentega cocok digunakan untuk masakan yang butuh aroma dan rasa yang lebih gurih. Mentega mudah terbakar sehingga tidak cocok digunakan pada suhu tinggi seperti menggoreng.

Perbedaan Margarin dan Mentega

Kandungan

Terlihat dari bahan dasarnya, margarin lebih condong pada produk nabati. Sedangkan mentega lebih ke produk hewani. Sehingga mentega memiliki kadar kolesterol dan lemah jenuh yang lebih tinggi dari margarin. Yang apabila mentega dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Margarin memiliki kandungan lemak jenuh lebih sedikit dari mentega. Tapi banyak produk yang telah dimodifikasi oleh pabriknya. Jadi tetap perhatkan komposisinya

Tekstur

Secara tekstur, mentega lebih keras daripada margarin. Ini dikarenakan perbedaan komposisinya. Lemak jenuh pada mentega membentuk ikatan yang lebih erat dan kaku sampai dipanaskan. Oleh sebab itu, lebih baik menyimpan keduanya di lemari pendingin agar tidak mencair oleh suhu kamar yang kadang-kadang panas.

Fungsi

Mentega akan menghasilkan rasa yang lebih nikmat dengan gurihnya. Tapi margarin juga memiliki tempat tersendiri sebagai bahan makanan. Kandungan air yang tinggi, membuat margarin akan membuat bahan makanan yang dibakar lebih bertekstur lembut. Dalam pembuatan kue, perlu diperhatikan lagi resepnya, yang dibutuhkan margarin atau mentega. Karena kedua bahan ini akan menghasilkan produk yang berbeda pula. 

Walaupun terlihat sama, margarin dan mentega ternyata memiliki perbedaan yang sangat signifikan sebagai bahan masakan. Keduanya memiliki cara penerapan dan hasilnya masing-masing. Oleh sebab itu, perhatikan terlebih dahulu apa keperluanmu sebelum memilih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading