Sukses

Food

Biar Nggak Banjir Minyak, Begini Trik Menggoreng Lumpia agar Tetap Renyah di Setiap Gigitan

Fimela.com, Jakarta Kalau ngobrolin cemilan khas Indonesia yang banyak disukai para pencinta kuliner, lumpia pasti jadi salah satu yang masuk dalam daftar. Cemilan yang satu ini biasanya memiliki isian berupa sayuran, dibalut dengan kulit renyah dan cita rasa gurih yang mantap. Sensasi rasanya juga semakin nendang dengan saus cocolan yang hadir sebagai kondimen.

Saking jadi favorit keluarga, nggak jarang nih banyak yang mencoba berkreasi sendiri atau menyimpan stok dalam bentuk frozen food di rumah. Jadi, lebih memudahkan karena bisa disimpan dalam waktu lama dan dapat disajikan kapan saja.

Namun, hasil gorengan lumpia di rumah terkesan banjir minyak dan lengket yang mengurangi kelezatannya? Ternyata ada beberapa trik yang perlu diperhatikan untuk menggoreng lumpia biar nggak menyerap terlalu banyak minyak nih, Sahabat Fimela. Yuk, gali lebih jauh!

Adonan Isian Lumpia Tidak Boleh Basah

Hal pertama yang perlu dipahami jika ingin berkreasi dengan lumpia yang renyah dan tidak menyerap banyak minyak adalah perhatikan adonan isiannya. Isi lumpia yang basah bisa membuat kulit lumpia jadi ikutan lembek. Hal ini pun membuat lumpia akhirnya lebih gampang menyerap minyak dalam jumlah yang banyak.

Jadi, sebelum membungkus isian lumpia, pastikan kamu sudah meniriskannya terlebih dulu untuk menjaganya agar tetap kering. Dengan begitu, bagian kulitnya juga akan tetap kering sehingga memudahkan proses penggorengannya.

Gunakan 2 Lembar Kulit Lumpia dan Perhatikan Teknik Menggulung Adonannya

Salah satu tips yang bisa jadi andalan untuk menjaga tekstur kulit lumpia tetap renyah dan nggak berminyak adalah dengan memperhatikan bagian kulit pembungkusnya. Gunakan 2 lembar kulit lumpia untuk mencegah adonan isi yang basah menembus ke bagian luar kulit lumpia. Jadi, menjaganya agar tetap renyah maksimal saat digoreng.

Nggak hanya itu, perhatikan juga teknik menggulung adonan lumpia dengan tepat. Pastikan setiap gulungan yang dibuat sudah rapat, kulit tidak mudah robek dan kokoh. Hal ini untuk mencegah adonan robek saat digoreng yang membuat lumpia jadi lebih keriput, lembek, dan banjir minyak setelah digoreng.

Pilih Minyak Goreng Berkualitas

Hal penting yang seringnya kurang diperhatikan saat mengolah makanan yang digoreng adalah minyak yang digunakan. Padahal, kualitas minyak goreng ikut menentukan kualitas makanan yang disajikan untuk keluarga. Pastikan pilih minyak goreng yang mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh, rendah kandungan lemak dan kolesterol jahat dan dapat membuat cita rasa gorengan yang diolah jadi lebih nikmat

Minyak goreng yang berkualitas juga membuat masakan yang diolah nggak mudah menyerap banyak minyak, sehingga tekstur makanan yang disajikan lebih terasa nikmatnya dan tentunya lebih menyehatkan untuk keluarga.

Pahami Teknik Menggoreng Lumpia yang Tepat

Terkadang, salah satu hal yang bikin hasil gorengan gagal adalah teknik memasak yang salah. Jika ingin menggoreng lumpia di rumah, siapkan banyak minyak, gunakan api sedang hingga mencapai suhu sekitar 170-180 derajat celsius sebelum memasukkan lumpia ke dalamnya.

Pastikan lumpia yang kamu goreng terendam sempurna di dalam minyak untuk membuatnya matang secara merata. Hindari juga memasukkan jumlah yang terlalu banyak saat digoreng karena bisa menurunkan suhu minyak.

Ketika proses menggoreng berlangsung, hindari membolak-balik lumpia terlalu sering karena hal itu justru bisa bikin hasilnya kurang renyah dan terlalu banyak menyerap minyak. Nggak cuma itu saja, sering membolak-balik lumpia juga bisa bikin cepat gosong.

Sekarang sudah tahu kan apa saja yang perlu diperhatikan untuk menggoreng lumpia biar nggak menyerap terlalu banyak minyak dan tetap renyah di setiap gigitan? Saatnya praktikkan sendiri di rumah dan jangan lupa pilih minyak goreng berkualitas untuk menjaga kualitas makanan tetap sehat!  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading