Sukses

Health

5 Cara Membakar Lemak Lebih Banyak saat Jalan Kaki

Fimela.com, Jakarta Olahraga mungkin menjadi kegiatan yang tidak digemari banyak orang karena melelahkan dan merepotkan, padahal jika rajin olahraga pasti membuat tubuh lebih sehat, bugar dan jauh dari penyakit. Jika kamu tipe orang yang tak suka olahraga tapi ingin olahraga, jalan kaki adalah akternatif olahraga ringan yang cocok untukmu. Bukan hanya mudah dilakukan tapi juga bisa membakar banyak kalori. Apalagi jika tujuanmu untuk menurunkan berat badan, sekadar jalan kaki ternyata bisa berkontribusi besar. Namun bagaimana caranya agar bisa membakar kalori dan lemak lebih banyak hanya dengan jalan kaki? Ini dia caranya.

1. Ikut menggerakkan lengan

Saat berjalan, ada baiknya jika juga ikut mengayunkan tangan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri selama berjalan. Memberikan lebih banyak gerakan sambil berjalan mampu membakar lebih banyak kalori. Selain membakar kalori lebih banyak, kita juga bisa sekaligus melakukan peregangan otot lengan.

2. Berjalan lebih jauh

Ketika berjalan, kita juga bisa mengambil jarak sekitar 1 km lebih jauh atau memutari jalan biasa yang telah dilalui di hari pertama. Menambahkan jarak berjalan ini bisa dilakukan secara bertahap karena berjalan pun butuh pembiasaan. Jika belum terbiasa berjalan, pasti akan mudah kehabisan napas dan kaki kram. Jadi jika ingin membakar lebih banyak kalori atau lemak, siap-siap bawa minum selama perjalanan karena kamu perlu berjalan lebih jauh.

3. Tetapkan target pribadi

Jika ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka kamu perlu menetapkan target. Mulai dari berjalan lebih jauh dan lebih lama hingga mulai berjalan lebih cepat dari kecepatan sebelumnya. Jika belum terbiasa menetapkan target, coba membuat target kecil seperti berjakaln sampai perempatan di ujung sana, atau berhenti hingga pos satpam di depan perumahan dan lain sebagainya. Secara perlahan itu akan memotivasimu untuk terus berjalan. Cara ini cukup efektif untuk membakar kalori lebih banyak.

4. Menaiki dan menuruni tangga

Berjalan bukan hanya berkeliling jalan di sekitar rumah, tapi bisa juga divariasikan dengan berjalan naik turun tangga. Jika ingin membakar lemak lebih banyak, maka berlatihkan menaiki dan menuruni tangga. Meski terkesan sederhana tapi cukup menantang. Orang yang tidak terbiasa jalan kaki pasti akan kelelahan naik turun tangga karena ini merupakan latihan kardio. Beri waktu 10 menit untuk aktivitas ini, tidak perlu terburu-buru, pelan-pelan saja dan nikmati.

5. Beri batasan waktu

Jika sudah menetapkan target menambah jarak tempuh, lakukan juga target batasan waktu. Jika kamu merasa sudah mencapai target jarak tempuh ketika berjalan tapi waktunya belum memenuhi target, kamu bisa menambah beberapa meter lagi untuk jalan kaki. Misalnya menargetkan waktu 1 jam dan menempuh 2 km jalan kaki, jika sudah tercapai jarak tempuhnya tapi masih ada sisa waktu 15 menit, tambahkan lagi berjalan beberapa meter lagi hingga waktunya habis.

Jadi, bisa diterapkan mulai besok saat jalan-jalan pagi, ladies?

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading