Sukses

Health

5 Manfaat Kesehatan Oregano, Bumbu Khas Italia Beraroma Sedap

Fimela.com, Jakarta Jika boleh dikatakan, makanan adalah salah sumber asupan gizi paling mudah didapat agar memiliki kesehatan yang prima. Banyak sekali makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan sekaligus berperan sebagai obat, salah satunya adalah daun oregano. Oregano merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan dalam berbagai sajian kuliner khas Italia dengan aromanya yang khas.

Daun oregano merupakan salah satu anggota tanaman mint yang bisa digunakan dalam keadaan segar maupun kering. Bukan hanya berguna secara kuliner, daun oregano ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Ini sekian manfaat kesehatan konsumsi oregano. 

1. Menangkal radikal bebas

Oregano kaya akan antioksidan. Daun oregano memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C cukup banyak yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan memiliki banyak fungsi di dalam tubuh terutama menangkal radikal bebas sebagai penyebab berbagai macam penyakit berbahaya termasuk kanker, dan meningkatkan imun tubuh. Dalam minyak oregano, ditemukan dua senyawa antioksidan yang disebut carvacrol dan thymol yang memiliki sifat antioksidan sangat kuat dalam menangkla radikal bebas.

2. Melawan bakteri dan virus

Oregano mengandung senyawa tertentu yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus kuat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial oregano membantu memblokir pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi penyakit. Bahkan diketahui sifat antibakteri oregano mampu melawan 23 spesies bakteri. 

3. Mencegah kanker

Oregano juga dapat mencegah penyakit kanker karena kaya akan antioksidan. Senyawa antioksidan akan menjaga kesehatan sel sehingga tidak ada pertumbuhan abnormal yang memicu tumor dan kanker. Beberapa penelitian tabung membuktikan bahwa senyawa antioksidan pada oregano dapat membantu menghentikan dan membunuh sel kanker serta menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker pada kanker usus besar. 

4. Menurunkan peradangan

Peradangan adalah respon imun normal yang terjadi sebagai akibat adanya penyakit atau cedera. Karena oregano kaya akan antioksidan, senyawa ini mampu membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi peradangan atu inflamasi. Senyawa seperti carvacrol merupakan salah satu antioksidan yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi sehingga sangat baik dalam mencegah penyakit.  

5. Menjaga kesehatan tulang

Oregano juga memiliki mineral seperti kalsium, mangan, zat besi, kalium, vitamin B6 dan magnesium yang baik untuk kepadatan tulang dan produksi sel darah merah yang sehat sehingga dapat mencegah anemia. Kalium juga membantu mengontrol detak jantung yang ritmik dan tekanan darah yang stabil.

Jadi, tidak ada salahnya lebih sering memasak makanan Italia yang menggunakan oregano karena trnyata manfaatnya yang sehat, Sahabat Fimela.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading