Sukses

Health

3 Kebiasaan yang Mempercepat Penuaan Dini pada Tubuh

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan, sudah sewajarnya jika kita ingin menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh secara teratur agar tidak mudah kelihatan tua. Tua itu pasti, karena setiap waktu umur kita bertambah, namun usia bukanlah satu-satunya ukuran bagi tubuh seseorang menjadi tua. Beberapa orang mungkin memiliki tubuh yang awet muda secara alami, namun tidak semua orang seberuntung itu. 

Seringkali, gaya hidup dan kebiasaan buruklah yang berpengaruh terhadap penuaan dini pada tubuh. Dilansir dari Health.com, Ini beberapa gaya hidup dan kebiasaan buruk yang tampak sederhana tapi ternyata menjadi penyebab tubuh gampang terlihat tua dan mengalami penuaan. 

 

1. Kurang tidur

Saat kamu memiliki karir yang cemerlang atau banting tulang untuk ekonomi keluarga, memang seringkali sangat susah memiliki waktu istirahat yang normal dan cukup, apalagi ini akan menjadi kebiasaan hingga usia paruh baya. Kebiasaan kurang tidur akan sangat buruk untuk tubuh, mulai dari menghambat metabolismme, mengganggu regenerasi sel-sel tubuh, memicu stres berlebih, membuat tubuh gemuk hingga menurunkan konsentrasi. Akibatnya, tubuh mengalami penuaan lebih cepat, seperti misalnya timbul kantung mata, kulit kusam, keriput, rambut mulai beruban lain sebagainya.

2. Jarang olahraga

Pekerjaan di kantor yang menumpuk serta berbagai macam kegiatan yang menguras waktu pasti akan membuat tubuh lelah. Hal ini kemudian menjadikan kita lelah dan secara otomatis malas olahraga. Kebiasaan inilah yang justru buruk untuk tubuh. Ketika kita jarang olahraga, sebenarnya tubuh justru menurunkan kebugarannya tanpa kamu sadari. Apalagi saat usia semakin bertambah, massa otot tubuh semakin berkurang sehingga kulit kendur dan tidak fit. Jika tidak dibiasakan olahraga, bukan hanya cepat sakit-sakitan tapi juga sendi semakin tidak kooperatif untuk digerakkan karena sudah terbiasa malas. Jika tidak dilatih dengan baik dengan rajin olahraga, jangan heran jika cepat menua.

3. Terlalu sering duduk

Salah satu gaya hidup yang paling sering mengancam tubuh mengalami penuaan dini adalah duduk terlalu lama. Kebiasaan ini terbentuk bagi kebanyakan pekerja kantoran. Duduk terlalu lama mungkin sekilas tidak terlihat berbahaya tapi sebenarnya karena tidak banyak menggerakkan tubuh, maka perlahan kesehatan tubuh akan menurun. Duduk lama mengurangi aktivitas otot, khususnya otot besar pada kaki dan punggung, efek jangka panjangnya akan mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur gula darah dan mengganggu fungsi peredaran darah sehingga tubuh rentan mengalami berbagai penyakit seperti diabetes hingga penyakit jantung.

Jadi jika tidak ingin menua dengan cepat, paling tidak hindari ketiga kebiasaan buruk di atas ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading