Sukses

Health

5 Alasan Kamu Sering Dikira Lebih Tua dari Usia Aslimu

 

Fimela.com, Jakarta Siapa perempuan yang suka dibilang lebih tua dari usia aslinya? Mayoritas perempuan pasti akan merasa tersinggung jika ada orang salah sangka seperti ini. Tapi apakah kamu salah satu yang sering mendapat komentar tak menyenangkan seperti ini? Bisa jadi yang salah bukan mereka yang mengira kamu lebih tua dari usia sebenarnya, tapi ada sesuatu yang perlu diubah dari diri sendiri.

Ada banyak alasan seseorang mengira kamu terlihat lebih tua dari usia aslimu. Bisa jadi, inilah sekian alasan seseorang mengira perempuan terlihat lebih tua daru usia aslinya.

1. Makan sembarangan

Siapa pun yang punya kebiasaan makan sembarangan akan mengalami efek buruk yang terlihat jelas pada tubuhnya. Makan makanan dengan porsi berlebihan, berminyak, berlemak dan siap saji umumnya memiliki kalori tinggi dan mudah bikin tubuh gemuk sekaligus menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme dalam tubuh. Tubuh rentan mengalami inflamasi, penumpukan lemak, meningkatkan kolestrol dan tekanan darah. Kulit jadi bergelambir, keriput, kusam, kering, berminyak, berjerawat dan lain sebagainya.

2. Tidak pernah olahraga

Kebiasaan bermalas-malasan, suka rebahan dan tak pernah olahraga juga sering menjadi penyebab tubuh tidak bugar dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Penelitian bahkan membuktikan bahwa perempuan yang tidak aktif secara fisik atau tidak banyak bergerak secara bilogis lebih tua delapan tahun dari usia aslinya. Studi menunjukkan bahwa sel-sel menua lebih cepat dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, jadi jika tubuh tidak olahraga, jangan heran jika orang mengiramu lebih tua.

3. Kurang tidur

Orang yang sering begadang seringkali kurang tidur setiap malamnya. Jika kamu punya masalah kurang tidur, entah itu insomnia atau sering begadang dan tidak memdapat waktu istirahat yang cukup untuk tidur, secara perlahan dan signifikan tubuh akan menunjukkan penuaan yang lebih cepat. Kulit akan terlihat kusam, timbul kantung mata, lingkaran hitam di bawah mata, tubuh lesu dan tidak segar. Parahnya, jika tidak segera diatasi, kulit semakin terlihat menua dengan munculnya garis-garis halus dan elastisitas yang berkurang.

4. Sering pakai perangkat elektronik

Tidak banyak yang sadar bahwa terlalu lama menggunakan gawai (gadget) juga memegang peran mempercepat penuaan pada kulit dan tubuh secara umum. Cahaya energi tinggi yang telihat (HEV) atau 'cahaya biru" yang dipancarkan dari ponsel, tablet, atau layar komputer menimbulkan radiasi pada kulit sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang pada akhirnya menyebabkan penuaan dini.

5. Tak pernah merawat kulit

Ada banyak kebiasaan buruk yang masuk ke dalam kategori tidak pernah merawat kulit dengan baik, beberapa di antaranya adalah jarang minum air putih, jarang membersihkan makeup, terlalu sering memakai makeup, dan bahkan tidak pernah menggunakan skincare apa pun. Kulit adalah salah satu aset penting dalam menunjang penampilan. Jarang minum air putih membuat kulit tidak terhidrasi dengan baik sehingga membuat kulit kering, mengelupas dan bahkan membuat makeup mudah menggumpal dan pecah. Jarang membersihkan makeup dan terlalu sering pakai makeup bisa menyebabkan jerawat, iritasi dan alergi kosmetik. Begitu pula jika tidak pernah memakai skincare, kulit akan terlihat kusam dan gelap.

Jadi, jika tak ingin dianggap lebih tua dari usia sebenarnya, coba deh ubah sekian penyebab di atas.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading